Manfaat Dari Teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality)

Manfaat Dari Teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality)

Bhataramedia.comManfaat Dari Teknologi VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality). Belakangan ini, teknologi VR dan AR sudah serimg kita dengar bahkan tanpa sadar kita menggunakan teknologi ini dalam melakukan aktifitas. Ya, kebanyakan aktifitas saat ini memanfaatkan dan menggunakan teknologi canggih ini. Seperti beberapa berikut ini:

Manfaat Dari Teknologi VR (Virtual Reality)

Teknologi VR ini menggunakan lingkungan virtual yang dapat memberikan pengalama visual yang sanagt menakjubkan dan juga memiliki manfaat yang bisa kita gunakan seperti berikut:

1. Dalam Pemeriksaan Medis

Pemanfaat teknologi VR dalam ilmu kesehatan adalah untuk mempermudah perusahaan medis dalam menerapkan pelatihan bagi para dokter dan memungkinkan mereka untuk dapat melihat tubuh manusia lebih dalam lagi menggunkan simulasi yang realistis. Contohnya seperti yang telah dilakukan Children’s Hospital Los Angeles di Amerika Serikat.

2. Dalam Perusahaan Otomotif

Para perusahaan otomotif saat ini mulai menggunakan teknologi canggih ini untuk mendesain mobil mereka. Seperti Ford yang kini telah memiliki laboratorium untuk prototyping produk mereka dengan penggunaan teknologi Virtual Reality.

3. Dalam Dunia Pendidikan

Teknologi ini juga dapat bermanfaat untuk dunia pendidikan, seperti yang dilakukan situs Immersive VR Education yang memberikan beragam tutorial yang dapat dipratikkan menggunakan teknologi ini.

4. Dalam Dunia Militer

Pemanfaatan teknologi ini dalam dunia militer telah lebih dulu dilakukan Amerika Serikat, yaitu pada simulasi militer bertajuk The Virtual Training and Simulation Summit. Yang mana kamu bisa menggunakan teknologi ini untuk berlatih menembak, menjinakkan bom, melakukan strategi dan lainnya.

Manfaat Dari Teknologi AR (Augmented Reality)

Teknologi yang juga menggunakan lingkungan virtual namun tidak sepenuhnya ini, karena pada dasarnya teknologi Augmented Reality ini menggunakan lingkungan nyata namun dengan subyek virtual dalam bentuk 3D juga memiliki manfaat sebagai berikut:

1. Meningkatkan Pengalaman Bermain

Manfaat teknologi AR ini akan sangat dirasakan khususnya para pecinta game, karena teknologi ini memberikan pengalaman baru pada sebuah game sehingga kita lebih bisa menikmati dan meningkatkan pengalaman bermain.

2. Dapat Berinteraksi Kapanpun dan Dimanapun Secara Langsung.

Saat bermain game pun kamu bisa memperluas relasi kamu dengan mekakukan PVP dengan pemain lainnya . Tentunya ini akan berguna untuk kamu yang memang ingin memiliki banyak teman.

3. Bermain Lebih Seru

Seperti permainan Hado yang merupakan salah satu produk Meleap Inc dan menggunakan teknologi ini untuk memungkinkan para pemainnya dapat saling menyerang denga system 3v3 yang pastinya akan menambah keseruan game itu sendiri.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan teknologi VR dan AR. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan kita tentang perkembangan teknologi saat ini.

You May Also Like