Perbedaan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun

Perbedaan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun

Perbedaan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun – Pasti beberapa dari kita sering bertanya apa itu jaminan hari tua? dan apa itu jaminan pensiun? Lantas apa perbedaan antara keduanya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas maksud dari keduanya dan apa perbedaannya.

Untuk menjawab semua pertanyaan itu, kita harus tau dulu pengertian dari masing-masing istilah secara harfiah. Selanjutnya baru kita jelaskan berdasarkan keterangan dari jamsostek langsung.

Perbedaan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun

Perbedaan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun
Perbedaan Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun

Berikut pejelasan dari perbeadaan dua istilah tersebut.

Jaminan Hari Tua

Jika kita artikan berdasarkan katanya. Jaminan hari tua adalah sebuah dana yang akan kita terima ketika kita telah memasuki  umur tertentu.

Atau, Bisa juga kita katakan dengan dana hari tua. Dana ini biasanya akan kamu terima secara sekaligus. Tentunya jika kamu sudah terdaftar resmi pada Bpjamsostek.

Jaminan hari tua ini, merupakan tabungan kita yang kita kumpulkan selama kita bekerja pada suatu perusahaan selama kita bekerja. Nantinya tabungan ini akan dapat pencairan sekaligus saat kamu telah masuk di umur tertentu.

Untuk dapat menerima ini tentu ada beberapa syarat. Salah satunya sudah masuk usia pensiun, mendapatkan cacat permanen, tidak masuk kerja selama 5 tahun, keluar negri dan tidak kembali lagi.

Atau kamu bisa mencarikannya pada umur 56 tahun dengan syarat keanggotaan pada bpjamsostek telah melebihi waktu 10 tahun,

Jaminan Pensiun

Lalu apa itu jaminan pensiun. Seperti yang sudah kita ketahui selama ini. Jaminan pensiun merupakan dana yang kita terima sebagai jaminan untuk kita memenuhi kebutuhan hidup setelah tidak lagi bekerja.

Biasanya jaminan pensiun ini diberikan setiap bulannya, melalui bank-bank tertentu. Tergantung kebijakan pemerintah saat itu.

Penerima jaminan pensiun adalah yang telah tidak bekerja lagi sebagai pegawai perusahaan pemerintah atau kantor-kantor pemerintah.

Akan tetapi untuk jaminan pensiun memiliki beberapa macam jenis. Seperti :

  • Pensiun Hari Tua
  • Pensiun Janda/duda
  • karena cacat
  • anak
  • Orang tua

Kesimpulan

Jaminan hari tua dan jaminan pensiun merupakan dua hal yang berbeda. Perbedaan yang paling jelas dapat kita lihat dalam waktu pencairan dana. Jaminan hari tua, dapat dicairkan sekaligus pada waktu tertentu sesuai dengan syarat aturan yang berlaku.

Sedangkan jaminan pensiun dana dicairkan tiap bulannya. Sebagai dana untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari yang di berikan oleh pemerintah.

Tentunya untuk mendapatkan kedua jaminan diatas. Kamu harus masuk dalam keanggotaan Jamsostek. Agar kamu dapat terdafatar sebagai calon pesera penerima jaminan tersebut.

You May Also Like