5 Tips Hemat Listrik Untuk Mengurangi Tagihan Pembayaran PLN

Tagihan Pembayaran Listrik PLN - Woiden

Pada dasarnya kampanye Hemat Listrik sudah dijalankan sejak beberapa tahun belakangan oleh banyak lembaga, instansi, dan organisasi terkait. Bahkan dari penyedia layanan dalam hal ini adalah Perusahaan Listrik Negara sudah rutin melakukan kampanye terkait hemat energi.

Kampanye Dunia yang disebut dengan Eearth Hour bahkan menjadi kegiatan global yang rutin dilakukan diseluruh dunia. Kegiatan ini dipelopor oleh World Wide Fund for Nature (WWF) ini rutin dilaksanakan setiap hari Sabtu Terakhir di Bulan Maret. Kegiatan global ini pertama kali digelar pada tahun 2007 dan masih berlangsung terakhir pada Maret 2019 yang lalu.

Gerakan hemat listrik digelar besar-besaran pada tahun 2016 dan masih berlangsung hingga tahun ini. Meskipun memang harus diakui bahwa pelaksanaannya belum menyebar merata. Ada banyak alasan mengapa penerapan tidak begitu maksimal.

Selain karena kebutuhan listrik sudah menjadi kebutuhan dasar dari setiap aktivitas masyarakat juga menjadi gaya hidup yang sangat sulit untuk lepas begitu saja. Meskipun mungkin kegiatan kampanye hanya dilakukan beberapa jam saja.

Namun bukan berarti tidak bisa, Anda bisa mengubah semua kegiatan konsumtif pada penggunaan daya listrik hanya jika memang Anda bersungguh-sungguh ingin melakukanya. Manfaatnya Anda bisa lebih hemat untuk pengeluaran tagihan yang harus Anda keluarkan setiap bulannya.

Menghemat listrik bukanlah hal yang sulit, namun jika Anda ingin melakukannya, cobalah ikuti beberapa tips yang dijelaskan dibawah ini:

Menggunakan Perangkat Hemat Listrik

Elektronik Hemat Listrik

Perlu menentukan perangkat elektronik yang benar-benar hemat listrik untuk digunakan. Saat ini sudah banyak perangkat elektornik yang menerapkan sistem ramah lingkungan dengan mode eco. Misalnya seperti lampu hemat daya, kulkas eco, dan beberapa lainnya.

Ini bisa menjadi pilihan Anda ketika ingin menggunakan perangkat elektronik di rumah. Selama fungsi yang didapatkan masih sama dan tidak begitu signfikan, maka perangkat dengan system hemat daya ini bisa menjadi pilihan Anda.

Mencabut Perangkat Elektronik Yang Tidak Terpakai

Seringkali beberapa orang terbiasa untuk tidak mencabut perangkat elektronik dirumahnya. Terlebih jika mereka hendak keluar. Sambungan kabel perangkat elektronik seperti tv, kabel charger, speaker, kipas angin yang biasanya paling sering dibiarkan begitu saja terpasang. Meskipun dayanya tidak begitu besar saat tidak digunakan, namun jika hal itu diulangi terus menerus hingga beberapa  waktu lamanya.

Maka tentu perhitungan konsumsi daya yang terkuras termasuk besar. Jangan biarkan perangkat seperti ini tetap terpasang saat tidak digunakan. Perlu diketahui bahwa perangkat seperti ini meskipun sedang tidak aktif, tetap menguras  daya listrik dalam skala kecil.

Menggunakan Perangkat Elektronik Sepenuh

Terkadang kita terlena untuk menggunakan perangkat elektronik diluar dari kebutuhan kita. Misalnya saja seperti perangkat pendingin ruangan. Beberapa orang biasanya menyalakan pendingin ruangan hingga seharian penuh. Meskipun orang tersebut tidak seharian diruangan tersebut.

Jika dirasa Anda hendak untuk meninggalkan ruangan tersebut dalam waktu yang cukup lama. Sebaiknya menonaktifkan perangkat adalah pilihan yang tepat untuk menghemat listrik. Selain dari itu, penggunaan cahaya lampu juga perlu diperhatikan. Hindari menyalakan lampu terus menerus meskipun tidak menjadi kebutuhan Anda saat. Misalnya ketika hendak tidur.

Menggunakan Listrik Prabayar

Pada beberapa tahun yang lalu, perusahaan listrik Negara dalam hal ini adalah PLN telah mengadakan sistem pembayaran listrik prabayar. Sistem pembayaran ini dilakukan pada awal sebelum pemakaian yakni dengan menggunakan token pulsa dalam.

Pulsa listrik ini dapat dibeli dengan harga yang bervariasi sesuai kapasitas kWh voucher tersebut. Dengan menggunakan sistem pembayaran ini, lebih memungkinkan untuk seseorang dapat berhemat lebih dengan mengontrol secara langsung pemakaian listrik setiap harinya.

Mulai Mengubah Kebiasaan Dari Hari Ke Hari

Tidak ada yang lebih penting dari kebiasaan pribadi kita masing-masing. Sehemat apapun mode perangkat elektronik yang digunakan. Selama kebiasaan kita masih terbiasa menggunakan elektronik secara berlebihan. Itu membuat biaya tagihan yang harus dibayar sama saja bisa membengkak.

Kebiasaan ini bisa diatur oleh Anda sendiri secara perlahan lahan setiap harinya. Misalnya dengan tidak menggunakan atau menggunakan perangkat elektronik seperlunya hari demi hari. Semakin sering Anda mencoba menghemat daya listrik, maka ini bisa menjadi kebiasaan yang baik nantinya.

You May Also Like