Cara Menambah Kecepatan Internet 3G di HP Android dan iPhone

Diposting pada

Jaringan 3G merupakan salah satu standart jaringan yang ditetapkan oleh international telecommunication union (ITU) dengan jumlah pengguna mayoritas saat ini di Indonesia. Beberap perangkat yang belum mendukung jaringan 4G, biasanya hanya mendukung untuk penggunaan jaringan 3G.

Secara spesifikasi memang jaringan 4G jauh lebih cepat dibanding jaringan 3G. Namun untuk penggunaanya semua itu tergantung dari perangkat, kondisi, situasi, dan beberapa faktor lainnya. Terlebih dimana Indonesia masih belum menjangkau semua wilayah untuk penggunaan jaringna 4G, sehingga beberap wilayah yang mungkin hanya mendukung untuk penggunaan jaringan 3G.

Nah penggunaan jaringan 3G di wilayah yang dimana jaringan 4G itu juga terjangkau akan membuat jaringan generasi ketiga ini terkesan lambat. Terlebih jika kita telah menggunakan jaringan 4G sebelumnya. Nah untungnya ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan sebagai pengguna jaringan 3G untuk meningkatkan kecepatan jaringan internet 3G di smartphone Android atau iOS Anda dengan sangat mudah. Beberapa metode ini akan dijelaskan secara terpisah melalui poin-poin berikut ini:

Menonaktifkan Fitur Memuat Gambar di Web Browser

Apabila Anda lebih sering menggunakan web browser untuk berselancar internet. Maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan internet 3G di perangkat Anda, yaitu dengan menonaktifkan fungsi pemuatan gambar setiap kali mengakses situs di internet melalui aplikasi web browser.

Ini adalah salah satu cara yang paling efektif untuk Anda mendapatkan jaringan yang lebih cepat dari biasanya. Sayangnya untuk penerapan ini, mungkin Anda akan harus merasakan efeknya. Dimana tidak ada gambar yang dimuat, sehingga akses situs Anda akan lebih tidak menarik dari sebelumnya. Untuk menonaktifkan ini, Anda cukup membuka aplikasi web browser Anda, kemudian menonaktifkan fungsi “Load Images” dari menu yang tersedia.

Menggunakan Fitur Signal Boster

Secara bawaan, smartphone memang kebanyakan belum mendukung penerapan ini. Namun untuk penggunaan signal booster bisa Anda terapkan dengan mudah. Beberapa diantaranya dengan mengunduh aplikasi Signal Boster dari Google Play Store atau App Store.

Ada pula beberap perangakt signal boster tambahan yang dapat Anda beli dengan harga murah. Alat ini biasanya berupa stiker tembaga yang ditempelkan dibagian body tertentu sebuah smartphone. Alat ini bisa Anda beli dari situs ecommerce/online atau di toko yang tersedia.

Mengubah Mode Jaringan

Ada beberapa mode jaringan yang bisa Anda terapkan di smartphone Anda untuk mendapatkan kualitas internet yang lebih cepat dari biasanya. Semua tergantung kondisi Anda dasarnya. Pengaturan mode jaringan ini dapat Anda sesuai dari jendela “Device Info”. Untuk mengkases menu ini, silahkan ikuti seperti salah satu metode yang dijelaskan di artikel berikut ini:

Menggunakan Browser Yang Tepat

Setiap smartphone memiliki browser yang memungkinkan untuk digunakan. Namun untuk beberapa pengguna cenderung menggunakan browser yang lebih ringan dari skala penggunaan penyimpanan memory. Ini mungkin tidak memberikan masalah besar, namun untuk sebagian aplikasi ringan, cenderung tidak menerapkan fungsi optimizing untuk accessbility.

Maka perlu Anda perhatikan aplikasi apa saja yang tepat untuk Anda gunakan sebagai web browser untuk berselancar internet di jaringan 3G dengan cepat.

Menggunakan Aplikasi Versi Lite

Ada beberapa aplikasi seperti Facebook, Browser, dan aplikasi lainnya yang memiliki versi lite untuk digunakan. Selain memiliki ukuran yang lebih ringkas dari versi lengkapnya. Versi lite yang biasanya memiliki aksesbilitas yang lebih cepat untuk digunakan, termasuk pada mode jaringan 3G sekalipun.

Namun untuk penggunaan aplikasi lite mungkin hanya memiliki fitur-fitur dasar yang dapat Anda gunakan dan hanya didapatkan di versi lengkap. Diluar itu, menggunakan aplikasi lite lebih baik saat Anda hanya ingin menggunakan aplikasi secara ringkas.

Menggunakan Aplikasi Booster

Metode ini hampir serupa dengan metode kedua sebelumnya diatas., Ada pula beberapa plikasi booster yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan kecepatan internet pada jaringan 3G dengan cepat. Salah satu aplikasi ini seperti Opera Max. Aplikasi ini memungkinkan untuk mengambil alih otoritas dari penggunaan data seluler untuk dioptimalkan.

Sehingga ini bisa memungkinkan untuk aplikasi dapat mengompress terlebih dahulu data yang akan diakses hingga akhirnya Anda bisa mengkases internet lebih cepat dari biasanya. Beberapa pengguna mengklaim bahwa aplikasi ini dapat meningkatkan kecepatan internet hingga 23%. Sehingga ini mungkin bisa menjadi salah satu solusi Anda. Aplikasi semacam ini bisa Anda download secara gratis melalui Google Play Store.