Cara Merekam Layar iPhone Tanpa Jailbreak

Diposting pada

Dikarenakan masalah keamanan dan privasi, Apple tidak mengizinkan aplikasi untuk merekam layar perangkat iOS Anda. Jika berbahaya, sebuah aplikasi secara teoritis dapat terus merekam bahkan setelah Anda merasa tidak aktif, yang memungkinkannya untuk menangkap informasi akun dan kata sandi yang Anda masukkan di perangkat Anda.

Good Screen Recorder Lite dan Reflector akan membiarkan Anda merekam layar iPad dan iPhone Anda, namun hanya akan bekerja melalui komputer, dan biasanya dengan biaya tertentu.

QuickTime Player dari Apple sendiri memungkinkan Anda melakukannya secara gratis, namun Anda memerlukan kabel Lightning untuk melakukannya. Lalu ada aplikasi Cydia yang memungkinkan Anda merekam rekaman langsung dari perangkat iOS Anda, namun Anda perlu jailbreak terlebih dahulu.

Ada pilihan lain, dan itu disebut AirShou , dari Shou.TV, yang memungkinkan Anda untuk merekam secara langsung dari iPad, iPhone, atau iPod touch Anda-tanpa harus jailbreak atau menggunakan komputer.

Aplikasi ini tidak tersedia di App Store iOS, sehingga Anda akan membutuhkan proses instalasi diluar App Store.

Aplikasi ini hanya akan bekerja pada iOS 9 dan lebih tinggi, dan mungkin masih bekerja di iOS 7 dan 8.

Catatan: Panduan ini sebelumnya menggunakan aplikasi yang disebut iRec, yang sudah berhenti bekerja. Namun panduan ini telah diperbaharui menggunakan AirShou sebagai gantinya.

Langkah 1: Instal AirShou

Langsung dari perangkat iOS Anda, arahkan ke link dibawah ini:

  • emu4ios.net

Kemudiam download dan install AirShou- pilih di atasnya, lalu pilih Install. Jika Anda mengalami masalah saat memasangnya dari Emu4iOS, Anda dapat mencoba iEmulators.net sebagai gantinya. Keduanya sama-sama pengembang aplikasi itu.

Sebuah pesan mungkin muncul yang meminta Anda untuk mengonfirmasi pemasangan, jadi teruskan dan biarkan.

Langkah 2: Izinkan Akses Pengembang

Jika Anda mendapatkan peringatan “Untrusted Enterprise Developer” saat mencoba membuka aplikasi, Anda harus memberikan akses.

Jadi untuk memperbaikinya, buka Settings -> General -> Profil & Device Management , kemudian cari profil AirShou yang tercantum di dalamnya dan tekan tombol Trust .

Langkah 3: Rekaman Layar, Putar & Simpan

Untuk memulai merekam layar, buka aplikasi AirShou, lalu masuk atau buat akun. Dari sana, pilih opsi Record dari menu utama, lalu beri nama rekaman Anda dan pilih orientasi pilihan Anda.

Sebelum merekam, Anda perlu memilih perangkat Anda sendiri dari daftar AirPlay (dapat diakses dari Control Center), dan pastikan mencentang pilihan Mirroring.

Untuk mengakhiri rekaman, ketuk pada banner merah, atau kembali ke Shou dan pilih Stop. Anda akan secara otomatis dibawa kembali ke layar Record. Tekan ikon kecil di atas untuk melihat rekaman Anda.

Pilih perekaman layar Anda, lalu ketuk Open In … untuk membuka video di aplikasi lain (Vine, iFile, dll.) Atau untuk membaginya melalui AirDrop atau email. Anda juga bisa menyimpan ke Camera Roll Anda.

Kualitas keseluruhannya sangat bagus, sangat bagus jika Anda berencana berbagi beberapa video gameplay.

Sedangkan untuk masalah, beberapa aplikasi dapat mencegah Anda untuk merekam layar sama sekali, namun hal ini tidak umum terjadi. Satu-satunya yang kami temukan sejauh ini adalah YouTube, yang segera menghentikan AirShou agar tidak rekaman segera setelah Anda memutar video. Sebuah ukuran yang dapat dimengerti mengingat implikasi pembajakan.

Selain itu, AirShou sangat mudah, sederhana, dan bekerja sangat baik untuk memamerkan beberapa tip dan trik dalam sebuah aplikasi atau game di iOS.