Apakah Pendidikan Anak Usia Dini Penting?

Apakah Pendidikan Anak Usia Dini Penting?

Begitu si kecil memasuki usia pra-sekolah, Anda barangkali mulai berpikiran untuk mendaftarkan anak Anda ke kelompok bermain (playgroup). Alasannya biasanya agar sang bocah mengenal pendidikan formal dan bisa berinteraksi dengan teman-teman sebaya. Akan tetapi rupanya masih ada banyak manfaat dari pendidikan anak usia dini (PAUD) lainnya yang baik untuk perkembangan buah hati.

Memperkenalkan Dunia Sekolah pada Anak

Selain wajib, seperti yang sudah disyaratkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sejak tahun 2016. PAUD memberikan kesempatan bagi anak untuk mengenal dunia sekolah, atau pendidikan formal. Selain memperkenalkan beragam bidang pelajaran dan melatih anak berinteraksi dengan teman sebaya, PAUD juga membantu mengembangkan berbagai aspek perkembangan anak: kognitif, motorik (halus dan kasar), bahasa, emosional, dan sosial. Hal ini mengingat bahwa lingkungan belajar di sekolah yang berbeda dengan di rumah.

Membiasakan Kegiatan Terstruktur pada Anak

Walaupun lembaga PAUD bukan lembaga formal, namun beragam kegiatannya didesain khusus untuk menyesuaikan fungsi PAUD itu sendiri. Salah satunya adalah melatih si kecil agar ia terbiasa dengan beragam rutinitas dan kegiatan terstruktur lainnya. Misalnya berolahraga, menyusun puzzle, berbaris, dan lainnya.

Mengajari Disiplin pada Anak

Jika selama ini anak biasa bermain sesuka hatinya di rumah dan cenderung sulit untuk mengikuti aturan yang telah ditetapkan, PAUD akan membantu anak untuk belajar lebih disiplin. Dengan lingkungan serta peraturan yang baru, anak akan belajar beradaptasi sambil merasakan pengalaman berbagi, mengantri, menunggu, dan sebagainya. Dengan demikian, pribadi anak akan jadi lebih teratur dan tidak kaget ketika nantinya ia memasuki dunia SD yang lebih terstruktur dan disiplin.

Menumbuhkan Kreativitas dan Imajinasi Anak

Di ranah PAUD, anak akan belajar dengan metode yang membuatnya seperti sedang bermain sehingga suasananya menyenangkan. Dengan begitu, anak akan menyerap ilmu dan bimbingan yang diberikan dengan lebih mudah. Dan selain berfokus pada baca-tulis-hitung, PAUD juga memfasilitasi anak untuk mengembangkan imajinasi dan kreativitasnya dengan rangsangan yang diberikan selama periode pembelajaran tersebut.

Menanamkan Nilai Positif

Karena tidak selalu fokus pada materi pembelajaran yang serupa dengan pendidikan formal. PAUD pun memberikan porsi seimbang soal pendidikan moral. Dengan begitu, nilai-nilai positif akan ditanamkan pada diri anak sejak usia dini. Seperti sikap toleransi, nilai kejujuran, sopan santun terhadap orang lain, menghormati orang lain, dan sebagainya. Dengan metode pembelajaran yang serupa seperti bermain, termasuk bermain peran, anak pun bisa mempraktikkan sikap-sikap tersebut, termasuk di dalam aktivitas sehari-hari.

Membentuk Landasan Kepribadian Anak

Golden years merupakan fase usia anak pra-sekolah yang harus dioptimalkan untuk tumbuh-kembangnya. Termasuk secara emosional dan spiritual untuk membentuk kepribadian anak. Di sinilah PAUD memainkan peran penting dengan membentuk dasar kepribadian sang anak yang akan mempengaruhinya sampai dewasa, alias pendidikan karakter.

You May Also Like