Perangkat Pencegah Cedera untuk Sepatu Lari

sistem runsafer sepatu

Bhataramedia.com – Institute of Biomechanics of Valencia (IBV) dan perusahaan sepatu Spanyol, KELME, telah merancang prototipe sepatu lari dengan perangkat terintegrasi yang meningkatkan manajemen pelatihan dan mencegah cedera.

Perangkat elektronik ini terdiri dari sistem pengukuran mikroelektronik yang mampu mengumpulkan parameter biomekanik yang mencirikan teknik pelari selama perlombaan. Informasi ini dikirim secara nirkabel ke ponsel pelari dan aplikasi ponsel untuk memberikan informasi secara real-time, termasuk tingkat kinerja dan saran untuk mengubah pola berlari atau berhenti berlari di dalam kasus yang mendeteksi risiko tinggi cedera.

Seperti dilansir Aplikasi mobile yang digunakan juga memiliki semua informasi tambahan yang disediakan oleh perangkat komersial lainnya yang biasa digunakan oleh pelari seperti monitor denyut jantung dan GPS.

Selain itu, atlet akan mampu mentransfer informasi berlari yang dihasilkan ke portal web. Portal ini akan menghasilkan rencana pelatihan pribadi, memungkinkan tindak lanjut perbaikan dan memberikan rekomendasi untuk mencegah cedera dan meningkatkan kinerja. Beberapa isi tambahan akan mencakup rekomendasi mengenai teknik pemanasan dan pendinginan, serta tips mengenai cara untuk meningkatkan teknik berlari dan pedoman nutrisi.

Selain itu, web tersebut akan mencakup web dengan fungsi 2.0. yang memungkinkan pengguna untuk berhubungan dengan pelari lain di seluruh dunia dan membagikan informasi mereka (rute berlari, info sepatu, dll)

Keterbaruan utama dari sistem baru ini dibandingkan sistem pelatihan yang sudah ada adalah  merupakan perangkat pertama yang mengkarakterisasi teknik berlari dari variabel biomekanik dan bersamaan dengan informasi dari pulsometer yang mendeteksi kelelahan dan memberikan rekomendasi secara real-time.

Proyek RUNSAFER ini didanai Research for SMEs Call of the VII Framework Programme of the European Commission. Konsorsium tersebut juga termasuk pusat teknologi IPMS-Fraunhofer (GE) dan EII (EST), serta perusahaan-perusahaan NUROMEDIA (GE) dan DUKOSI (UK).

Jumlah aktual pelari di Eropa melebihi 80 juta; sekitar 36% dari populasi Eropa dengan usia antara 15 hingga 65 tahun.

Berlari telah menjadi salah satu olahraga paling populer di dalam beberapa tahun terakhir. Namun, olahraga ini telah dikaitkan cedera yang memaksa pelari untuk berhenti dan kehilangan tingkat kebugaran yang telah dicapai hingga pulih kembali atau bahkan di dalam beberapa kasus tidak dapat melakukannya lagi.

Insiden cedera akibat berlari sangat tinggi, karena 38% dari pelari Eropa menderita atau telah menderita cedera akibat lari. Antara 37 hingga 56% dari pelari mengalami cedera setidaknya sekali setiap tahun.

Sistem RUNSAFER ditujukan untuk semua pelari Eropa pada umumnya dan khususnya, pada mereka yang menderita atau telah menderita cedera akibat berlari di tahun lalu. Produk ini berarti memiliki potensi pasar lebih dari 37 juta pelari.

You May Also Like