Pengiriman Obat Tertarget dapat Membantu Melawan Tumor

penelitian, peneliti, laboratorium
penelitian, peneliti, laboratorium
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Beberapa jenis obat, seperti yang dirancang untuk menghilangkan tumor, terkenal karena efek samping yang buruk. Gejala yang tidak diinginkan sering terjadi, di mana itu tidak diperlukan dan merusak sel sehat. Untuk meminimalkan risiko ini, para peneliti di Quebec telah mengembangkan nanopartikel yang hanya melepaskan obat ketika terkena cahaya inframerah-dekat, sehingga dokter dapat menyoroti ke lokasi tertentu. Laporan mereka muncul di Journal of American Chemical Society.

Dilansir McGill University (20/01/2016), selama bertahun-tahun, para ilmuwan telah berusaha untuk mengembangkan pengobatan lokal untuk mengurangi efek samping obat terapi. Mereka telah merancang sistem pengiriman obat yang merespon cahaya, suhu, ultrasound dan perubahan pH.

Salah satu pendekatan yang menjanjikan melibatkan bahan pembawa obat yang sensitif terhadap cahaya ultraviolet (UV). Menyinari pada spektrum cahaya tertentu menyebabkan bahan untuk melepaskan kargo terapi mereka di lokasi yang ditunjuk. Namun, sinar UV memiliki keterbatasan utama, yaitu tidak dapat menembus jaringan tubuh, dan bersifat karsinogenik.

Cahaya inframerah-dekat dapat melewati 1-2 cm jaringan dan akan menjadi alternatif yang lebih aman, tetapi pembawa obat fotosensitif tidak bereaksi terhadap cahaya ini. Profesor rekayasa, Marta Cerruti dari McGill University dan rekan-rekannya mencari cara untuk membawa dua jenis cahaya dalam satu solusi yang mungkin.

Para peneliti mulai dengan nanopartikel yang mengkonversi cahaya inframerah-dekat menjadi sinar UV dan melapisinya dengan lapisan hidrogel sensitif-UV yang diresapi dengan protein fluoresensi. Ketika terkena cahaya inframerah-dekat, nanopartikel secara instan mengkonversinya ke UV, sehingga menginduksi lapisan untuk melepaskan protein yang dibawa. Para peneliti mencatat bahwa sistem pengiriman mereka tidak hanya dapat memasok molekul obat tetapi juga agen untuk pencitraan dan diagnostik.

Referensi Jurnal :

Ghulam Jalani, Rafik Naccache, Derek H. Rosenzweig, Lisbet Haglund, Fiorenzo Vetrone, Marta Cerruti. Photocleavable Hydrogel-Coated Upconverting Nanoparticles: A Multifunctional Theranostic Platform for NIR Imaging and On-Demand Macromolecular Delivery. Journal of the American Chemical Society, 2016; DOI: 10.1021/jacs.5b12357.

You May Also Like