Separuh Pohon di Hutan Amazon Menghadapi Kepunahan

hutan amazon
hutan amazon
Hutan sepanjang sungai Jau, di Jau NP, salah satu kawasan lindung di Amazon yang terbesar (2.272.000 hektar), Amazonas, Brazil.(Credit: Hans ter Steege)

Bhataramedia.com – Menurut studi baru, lebih dari setengah dari semua jenis pohon di hutan Amazon kemungkinan terancam.

Namun studi tersebut juga menunjukkan bahwa hutan Amazon, wilayah cadangan dan wilayah adat, jika dikelola dengan baik akan melindungi sebagian besar spesies yang terancam.

Temuan tersebut diumumkan oleh tim peneliti yang terdiri dari 158 peneliti dari 21 negara, yang dipimpin oleh Hans ter Steege dari Naturalis Biodiversity Center di Belanda dan Nigel Pitman dari Field Museum di Chicago, USA.

Field Museum sangat terlibat dengan penelitian ini. Selanjutnya, beberapa data pohon dikumpulkan melalui program museum ini, di mana ahli ekologi, ahli biologi, dan antropolog melakukan perjalanan ke Amazon dan mengambil sampel dari tanaman, hewan, dan orang-orang yang tinggal di sana.

Tutupan hutan di Amazon telah menurun sejak tahun 1950, tetapi para ilmuwan masih memiliki pemahaman yang buruk tentang bagaimana hal ini telah mempengaruhi populasi dari spesies individu.

Studi baru yang dipublikasikan pekan ini di jurnal Science tersebut, membandingkan data dari survei hutan di Amazon dengan peta saat ini dan proyeksi deforestasi untuk memperkirakan berapa banyak jenis pohon yang telah hilang dan letaknya.

Para penulis menyimpulkan bahwa 36-57 persen dari perkiraan 15.000 jenis pohon di Amazon kemungkinan memenuhi syarat terancam secara global di bawah kriteria Spesies terancam dari IUCN Red List.

“Kami tidak mengatakan bahwa situasi di Amazon tiba-tiba memburuk untuk spesies pohon. Kami hanya menawarkan perkiraan baru tentang bagaimana spesies pohon telah dipengaruhi oleh sejarah deforestasi, dan bagaimana mereka akan terpengaruh oleh hilangnya hutan di masa depan,” kata Pitman, seperti dilansir Field Museum (20/11/205)

Oleh karena tren yang sama diamati di Amazon berlaku di seluruh daerah tropis, para peneliti berpendapat bahwa sebagian besar lebih dari 40.000 jenis pohon tropis dunia kemungkinan memenuhi syarat terancam secara global.

Untungnya, penulis melaporkan, kawasan lindung dan wilayah adat sekarang mencakup lebih dari setengah dari Basin Amazon, dan mengandung populasi yang cukup besar dari kebanyakan jenis pohon yang terancam.

“Ini adalah berita bagus dari Amazon,” kata ter Steege. “Dalam beberapa dekade terakhir negara-negara di Amazon telah membuat langkah besar dalam memperluas area lindung dan memperkuat hak atas tanah adat,” katanya. “Dan penelitian kami menunjukkan ini memiliki manfaat besar bagi keanekaragaman hayati.”

Namun, area lindung dan cadangan hanya akan mencegah kepunahan spesies yang terancam, jika mereka tidak mengalami degradasi lebih lanjut. Para penulis mengingatkan bahwa hutan Amazon dan cadangan masih menghadapi rentetan ancaman, dari konstruksi bendungan dan pertambangan hingga kebakaran hutan dan kekeringan intensif oleh pemanasan global, dan invasi langsung dari tanah adat.

“Ini adalah pertempuran yang akan kita lihat sepanjang kehidupan kita,” kata rekan penulis William Laurance dari James Cook University di Australia. “Entah kita akan berdiri dan melindungi hutan, atau deforestasi akan mengikis mereka sampai kita melihat kepunahan besar-besaran.”

Referensi Jurnal :

H. ter Steege, N. C. A. Pitman, T. J. Killeen, W. F. Laurance, C. A. Peres, J. E. Guevara, R. P. Salomao, C. V. Castilho, I. L. Amaral, F. D. de Almeida Matos, L. de Souza Coelho, W. E. Magnusson, O. L. Phillips, D. de Andrade Lima Filho, M. de Jesus Veiga Carim, M. V. Irume, M. P. Martins, J.-F. Molino, D. Sabatier, F. Wittmann, D. C. Lopez, J. R. da Silva Guimaraes, A. M. Mendoza, P. N. Vargas, A. G. Manzatto, N. F. C. Reis, J. Terborgh, K. R. Casula, J. C. Montero, T. R. Feldpausch, E. N. Honorio Coronado, A. J. D. Montoya, C. E. Zartman, B. Mostacedo, R. Vasquez, R. L. Assis, M. B. Medeiros, M. F. Simon, A. Andrade, J. L. Camargo, S. G. W. Laurance, H. E. M. Nascimento, B. S. Marimon, B.-H. Marimon, F. Costa, N. Targhetta, I. C. G. Vieira, R. Brienen, H. Castellanos, J. F. Duivenvoorden, H. F. Mogollon, M. T. F. Piedade, G. A. Aymard C., J. A. Comiskey, G. Damasco, N. Davila, R. Garcia-Villacorta, P. R. S. Diaz, A. Vincentini, T. Emilio, C. Levis, J. Schietti, P. Souza, A. Alonso, F. Dallmeier, L. V. Ferreira, D. Neill, A. Araujo-Murakami, L. Arroyo, F. A. Carvalho, F. C. Souza, D. D. d. Amaral, R. Gribel, B. G. Luize, M. P. Pansonato, E. Venticinque, P. Fine, M. Toledo, C. Baraloto, C. Ceron, J. Engel, T. W. Henkel, E. M. Jimenez, P. Maas, M. C. P. Mora, P. Petronelli, J. D. C. Revilla, M. Silveira, J. Stropp, R. Thomas-Caesar, T. R. Baker, D. Daly, M. R. Paredes, N. F. da Silva, A. Fuentes, P. M. Jorgensen, J. Scho ngart, M. R. Silman, N. C. Arboleda, B. B. L. Cintra, F. C. Valverde, A. Di Fiore, J. F. Phillips, T. R. van Andel, P. von Hildebrand, E. M. Barbosa, L. C. de Matos Bonates, D. de Castro, E. de Sousa Farias, T. Gonzales, J.-L. Guillaumet, B. Hoffman, Y. Malhi, I. P. de Andrade Miranda, A. Prieto, A. Rudas, A. R. Ruschell, N. Silva, C. I. A. Vela, V. A. Vos, E. L. Zent, S. Zent, A. Cano, M. T. Nascimento, A. A. Oliveira, H. Ramirez-Angulo, J. F. Ramos, R. Sierra, M. Tirado, M. N. U. Medina, G. van der Heijden, E. V. Torre, C. Vriesendorp, O. Wang, K. R. Young, C. Baider, H. Balslev, N. de Castro, W. Farfan-Rios, C. Ferreira, C. Mendoza, I. Mesones, A. Torres-Lezama, L. E. U. Giraldo, D. Villarroel, R. Zagt, M. N. Alexiades, K. Garcia-Cabrera, L. Hernandez, I. Huamantupa-Chuquimaco, W. Milliken, W. P. Cuenca, S. Pansini, D. Pauletto, F. R. Arevalo, A. F. Sampaio, E. H. Valderrama Sandoval, L. V. Gamarra. Estimating the global conservation status of more than 15,000 Amazonian tree species. Science Advances, 2015; 1 (10): e1500936 DOI: 10.1126/sciadv.1500936.

You May Also Like