Meneliti Ancaman Insektisida Terhadap Lebah Madu

lebah madu, insektisida
lebah madu, insektisida
Para ilmuwan sedang mencari tahu bagaimana neonikotinoid dapat berkontribusi terhadap penurunan lebah madu.(Credit: Stephen Ausmus / USDA)

Bhataramedia.com – Penurunan lebah madu telah menjadi perhatian utama global dalam dekade terakhir. Salah satu faktor yang dapat berkontribusi terhadap penurunan adalah penggunaan insektisida, khusus neonikotinoid, yang menetap di sungai.

Kini para peneliti melaporkan bahwa meskipun sinar matahari memainkan peran penting untuk mendegradasi polutan, dampaknya pada neonikotinoid dapat berkurang secara dramatis bahkan di perairan dangkal.

Temuan ini dilaporkan di jurnal ACS Environmental Science & Technology Letters.

Neonikotinoid melindungi tanaman dari hama, seperti lalat putih, kumbang dan rayap. Insektisida ini sangat populer di kalangan petani, tetapi insektisida ini berakhir dengan memasuki perairan dan tanah. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa insektisida tersebut berperan dalam hilangnya lebah madu, suatu fenomena yang dikenal sebagai gangguan keruntuhan koloni.

Namun, para ilmuwan tidak sepenuhnya memahami nasib neonikotinoid di lingkungan, yang merupakan faktor penting dalam menentukan bagaimana insektisida jenis ini dapat berkontribusi untuk gangguan tersebut. Charles S. Wong dan rekan-rekannya ingin menyelidiki efek sinar matahari pada insektisida tersebut di dalam air.

Dilansir American Chemical Society (08/07/2015), dari lima jenis neonikotinoid, para peneliti mengujinya di dalam air di bawah kondisi simulasi yang cerah, tiga jenis terdegradasi dalam beberapa menit.

Dua jenis lainnya membutuhkan beberapa hari untuk terdegradasi. Namun, hanya dengan kedalaman air 3 inci, sudah cukup untuk melindungi setidaknya satu jenis (thiamethoxam), dari pengaruh matahari. Para peneliti mengatakan bahwa persistensi pada kedalaman yang dangkal dapat meningkatkan peluang kehidupan air dan satwa liar lainnya, termasuk lebah madu, untuk terpapar insektisida tersebut.

Referensi Jurnal :

Zhe Lu, Jonathan K. Challis, Charles S. Wong. Quantum Yields for Direct Photolysis of Neonicotinoid Insecticides in Water: Implications for Exposure to Nontarget Aquatic Organisms. Environmental Science & Technology Letters, 2015; 150626091802003 DOI: 10.1021/acs.estlett.5b00136.

You May Also Like