DNA Ekstra Bertindak Sebagai ‘Ban Serep’ untuk Genom Kita

protein DNA
protein DNA
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Membawa serta ban serep adalah hal yang baik, Anda tidak pernah tahu kapan Anda akan mengalami ban kempes. Ternyata, kita semua juga membawa “ban cadangan” dalam genom kita. Hari ini, di ACS Central Science, para peneliti melaporkan bahwa set ekstra guanina (atau “G”) dalam DNA kita dapat berfungsi seperti “cadangan” untuk membantu mencegah perkembangan berbagai jenis kanker.

Berbagai macam kerusakan dapat terjadi pada DNA, sehingga membuatnya tidak stabil. Kondisi ini merupakan ciri khas dari kanker. Salah satu cara umum bahwa yang dapat merugikan materi genetik kita berasal dari fenomena yang disebut stres oksidatif.

Ketika tubuh kita memproses bahan kimia tertentu atau bahkan hanya dengan bernapas, salah satu produk yang dihasilkan adalah suatu bentuk oksigen yang secara akut dapat merusak basa DNA, terutama basa G. Agar tetap bebas dari kanker, tubuh kita harus memperbaiki DNA ini.

Menariknya, pada struktur DNA regulator yang disebut G-quadruplex, basa guanina (G) yang  rusak tidak diperbaiki melalui mekanisme perbaikan pada umumnya. Namun, entah bagaimana seseorang tidak mengembangkan kanker ketika kerusakan ini terjadi. Cynthia Burrows, Susan Wallace dan rekan-rekan mereka berusaha untuk mengungkap teka-teki ini.

Dilansir American Chemical Society (06/07/2015), para peneliti mengamati urutan onkogen manusia yang dikenal berhubungan dengan kanker, dan menemukan bahwa banyak di antaranya mengandung empat G yang diperlukan untuk pembentukan quadruplex dan satu atau lebih basa G kelima di bagian hilir.

Tim peneliti menunjukkan bahwa tambahan basa G tersebut dapat bertindak seperti “ban serep.” Basa cadangan ini akan menggantikan basa G ketika terjadi kerusakan.

Ketika mereka memapar urutan basa G quadruplex tersebut pada stres oksidatif secara in vitro, serangkaian tes yang berbeda menunjukkan bahwa basa G ekstra memungkinkan kerusakan terlipat keluar dari struktur quadruplex dan menjadi dapat diakses oleh enzim perbaikan.

Mereka lebih lanjut menunjukkan bahwa basa G quadruplex sangat dilestarikan di banyak genom, menunjukkan bahwa ini dapat menjadi fitur keamanan di banyak bentuk kehidupan.

Referensi Jurnal :

Aaron M. Fleming, Jia Zhou, Susan S. Wallace, Cynthia J. Burrows. A Role for the Fifth G-Track in G-Quadruplex Forming Oncogene Promoter Sequences during Oxidative Stress: Do These “Spare Tires” Have an Evolved Function? ACS Central Science, 2015; 150706102953001 DOI: 10.1021/acscentsci.5b00202.

You May Also Like