Dasar Geologi untuk Kota Cerdas: Membandingkan Roma Dan Napoli Awal

citra satelit, italia

Bhataramedia.com – Pengetahuan geologi sangat penting untuk pembangunan berkelanjutan dari “kota pintar”. Kota yang selaras dengan geologi wilayahnya. Membuat kota “cerdas” berarti meningkatkan pengelolaan infrastruktur dan sumber daya untuk memenuhi kebutuhan warganya dan bisnis saat ini dan di masa depan. Di dalam edisi Mei dari GSA Today, ahli geologi Donatella de Rita dan arkeolog klasik Chrystina Hauber menjelaskan ide ini lebih lanjut dengan menggunakan kota Roma dan Napoli awal sebagai contoh perbandingan.

Para penulis menjelaskan bahwa Roma sebelum Republican Times sebagai kota pintar, karena ekspansi kota ini  secara substansial tidak mengubah fitur alami di daerah tersebut dan sumber daya alam dikelola untuk meminimalkan risiko lingkungan. Roma, yang pada waktu itu perekonomiannya berbasis pertanian, dikembangkan di puncak bukit kecil dan posisinya di dataran aluvial Tiber memastikan tanah yang subur dan perdagangan yang mudah di antara tepi sungai. Pertanian yang berlimpah, bahkan di dalam tembok kota, memastikan kemakmuran kota. Roma juga disukai karena berlimpahnya sumber daya air, seperti Tiber dan Aniene Rivers, dan beberapa mata air alami di dalam tembok kota.

Sebaliknya, selama periode yang sama, Napoli terkena bahaya geologi yang lebih banyak dan memiliki sumber daya alam yang lebih sedikit. Napoli terletak di dalam sebuah teluk dan dengan demikian ekonomi didominasi oleh perdagangan laut. Geomorfologi kasar dari wilayah interior Napoli secara signifikan membatasi pertanian dan diversifikasi. Bukannya memperluas keluar, Napoli sebagian besar tumbuh secara vertikal, menggunakan dasar teras alam laut yang berbatasan dengan pantai. Oleh karena itu, geomorfologi memainkan peran kunci di dalam menghambat pentingnya Naples bagi Kekaisaran Romawi, menurut de Rita dan Hauber.

“Bagaimanapun juga, seiring waktu, ekspansi perkotaan yang cepat dan pertumbuhan penduduk secara bersamaan menyebabkan penggunaan sumber daya secara berlebihan dan peningkatan bahaya untuk kedua kota,” tulis de Rita dan Hauber, seperti dilansir Geological Society of America (30/04/2015).

Akibatnya, kedua kota menjadi tidak stabil dan rapuh, ditambah dengan bencana yang dihasilkan dari beberapa proses alam, seperti banjir, vulkanisme, emisi CO2 dan gempa bumi.

Referensi :

Donatella de Rita, Chrystina Häuber. The smart city develops on geology: Comparing Rome and Naples. GSA Today, 2015; 4 DOI: 10.1130/GSATG222A.1.

You May Also Like