Mengapa Lagu Daerah Setempat Kurang diminati Oleh Kaum Muda

Mengapa Lagu Daerah Setempat Kurang diminati Oleh Kaum Muda

Diposting pada

Bhataramedia.com – Lagu Daerah Kurang diminati Oleh Kaum Muda – Lagu dearah merupakan lagu yang mencerminkan suatu daerah tersebut. Biasanya lagu daerah tercipta dengan gagasan  atau ide penciptanya berasal dari adat isitadat ataupu kebudayaan daerah tersebut.

Kebudayaan yang paling jelas kita lihat adalah bahasa. Setiap daerah akan memiliki sebuah lagu yang menggunakan bahasa daerah itu sendiri.

Namun, saat ini banyak sekali anak muda yang tidak mengetahui lagu daerahnya masing-masing. Bahkan banyak dari anak muda tidak bisa menyanyikan lagu daerahnya sendiri.

Padahal, lagu daerah harus terus menerus kita perkenalkan untuk generasi-generasi selanjutnya. Apa penyebabnya lagu daerah kurang mendapat minat dari kaum muda mudi?

Mengapa Lagu Daerah Setempat Kurang diminati Oleh Kaum Muda

Mengapa Lagu Daerah Setempat Kurang diminati Oleh Kaum Muda

Banyak penyebab yang bisa kita hubungnkan sehingga anak muda setempat tidak minat akan lagu daerahnya sendiri. Berikut beberapa alasan mengapa lagu daerah menjadi kurang mendapatkan minat.

Teknologi

Dengan semakin majunya teknologi. Kita semua akan semakin mudah untuk mengakses apa saja. Terutama ada zaman smarthpone selalu berada pada tangan kita saat ini.

Dengan menggunakan smartphone kita bisa mengakses lagu-lagu yang selalu jadi hits pada luar negeri. Dengan demikian kita akan lebih cepat terpengaruh. Karena menganggap apa yang berasal dari luar negeri itu lebih baik.

Trend Genre Musik

Hampir setiap tahun, trend genre yang menjadi lagu favorit selalu berubah. Misalnya, pada tahun 1990kita lebih suka lagu yang berbau band. Masuk tahun 2000an trend musik mulai berubah ke hip hop. Hingga sekarang trend musik bergeser lagi menjadi electronik.

Permasalahannya adalah, musik dari lagu daerah tidak pernah berubah. Itu memang penyebabnya adalah lagu daerah tersebut idenya memang berasal adat istiadat dan budaya daerah tersebut.

Dengan demikian, lagu daerah akan semakin tertinggal. Karena tidak bisa mengikuti trend musik yang selalu berubah-ubah.

Kurangnya Pengenalan

Karena selalu terjadinya pergeseran trend genre musik. Menyebabkan lagu daerah menjadi kurang diminati. Semakin berjalannya waktu, lagu daerahpun mulai kita tinggalkan.

hal itu akan menyebabkan tidak ada lagi lembaga, ataupun kelompok-kelompok yang mau mengenalkan lagu daerah kepada kaum muda pada daerah tersebut.

Sehingga semakin lama, lagu daerah akan semakin menjadi tidak ada yang meminati. Dan juga semakin tidak yang akan meneruskannya.