Kanopi Hutan Penyangga Terhadap Perubahan Iklim

hutan

Bhataramedia.com – Ketika suhu naik dan sedikit air jatuh, hutan akan merespon. Kanopi hutan dapat penyangga pohon remaja dari kekeringan dan panas dengan memberikan keteduhan untuk pohon muda di bawah daun. Pohon dewasa memiliki akar yang dalam dan dapat menangani kondisi panas dan kering lebih baik daripada pohon remaja dari spesies yang sama.

Namun, model-model terbaru mengenai bagaimana hutan akan merespon perubahan iklim tidak memperhitungkan perbedaan antara pohon dewasa dan remaja. Penelitian terbaru oleh Salomo Dobrowski, profesor ekologi lanskap hutan dari University of Montana, menemukan bahwa penyangga iklim dari kanopi hutan penting untuk dipertimbangkan ketika memproyeksikan kemungkinan regenerasi hutan di masa depan.

“Model yang memperkirakan perubahan hutan harus mempertimbangkan di mana pohon remaja dapat bertahan hidup, dan kemungkinan tidak berada di tempat dimana pohon dewasa tumbuh,” kata Dobrowski.

Penelitiannya ditampilkan di dalam “Forest structure and species traits mediate projected recruitment declines in western U.S. tree species,” yang diterbitkan bulan ini di jurnal Global Ecology and Biogeography.

National Science Foundation baru-baru ini memberikan Dobrowski hibah sebesar $410.000 untuk penelitian lebih lanjut di daerah ini. Hibah ini, “Quantifying Risk of Tree Species Regeneration Failure and Ecosystem Transitions in Lower Elevation Forests,” juga melibatkan kolaborator penelitian UM, Anna Sala dan Marco Maneta.

Pada penelitian di dalam jurnal, Dobrowski dan rekan-rekannya melihat di mana pohon remaja ditemukan masih berhubungan dengan pohon dewasa dari spesies yang sama dan bagaimana hal ini kemungkinan berubah di bawah iklim di masa depan. Mereka menduga bahwa kanopi hutan dapat melindungi pohon remaja dari beberapa faktor pembatas yang membunuh pohon remaja seperti kecepatan angin yang tinggi, radiasi matahari dan suhu tinggi. Proyeksi ke depan menunjukkan pohon remaja memiliki kesempatan lebih baik dengan pelindung kanopi hutan diatasnya. Hilangnya kanopi pohon akan membuat pohon-pohon remaja menderita dan pada akhirnya hutan akan menurun.

“Hilangnya kanopi hutan secara luas akibat gangguan seperti kebakaran hutan yang parah, akan memperkuat efek dari perubahan iklim,” kata Dobrowski, seperti dilansir University of Montana (29/04/2015).

Perbedaan paling menonjol antara pohon remaja dan dewasa dari spesies yang sama adalah jangkauan geografis terpanas dan terkering dari spesies pohon. Di habitat kering, pohon remaja cenderung menempati lokasi basah. Pada jenis pohon yang toleran terhadap naungan, pohon remaja ditemukan pada daerah yang lebih dingin dibandingkan pohon dewasa

Lihatlah banyak hutan di Amerika Serikat bagian barat dan Anda akan melihat dampak dari perbedaan ini. Misalnya, di mana pohon pinus ponderosa memenuhi padang rumput kering, Anda tidak akan menemukan banyak pohon remaja. Mereka cenderung tumbuh di tempat basah, lereng yang menghadap ke utara atau lebih ke atas gunung.

“Kami tidak yakin apa masa depan seperti apa yang akan terjadi pada hutan bagian barat, tetapi dengan membandingkan tempat hidup pohon remaja dan dewasa dapat memberikan kita wawasan yang unik,” kata Dobrowski.

Referensi :

Solomon Z. Dobrowski, Alan K. Swanson, John T. Abatzoglou, Zachary A. Holden, Hugh D. Safford, Mike K. Schwartz, Daniel G. Gavin. Forest structure and species traits mediate projected recruitment declines in western US tree species. Global Ecology and Biogeography, 2015; DOI: 10.1111/geb.12302.

You May Also Like