Terlalu Banyak Menonton Televisi Tingkatkan Risiko Kematian Dini

menonton televisi

Bhataramedia.com – Menurut penelitian baru yang diterbitkan di Journal of American Heart Association, orang dewasa yang menonton TV selama tiga jam atau lebih setiap harinya memiliki risiko dua kali lipat mengalami kematian dini dibandingkan orang dewasa yang sedikit menonton TV.

“Menonton televisi adalah perilaku menetap yang paling utama dan cenderung meningkat di antara semua jenis perilaku menetap,” kata Miguel Martinez-Gonzalez, MD, Ph.D., MPH, penulis utama studi ini dan profesor di Department of Public Health at the University of Navarra di Pamplona, Spain.

“Temuan kami konsisten dengan berbagai penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa waktu yang dihabiskan untuk menonton televisi dikaitkan dengan kematian dini,” tambah dia.

Para peneliti menilai 13.284 lulusan muda dan sehat dari universitas-universitas di Spanyol (rata-rata usia 37 tahun dan 60 persennya wanita) untuk menentukan hubungan antara risiko kematian dengan tiga jenis perilaku perilaku menetap : waktu menonton televisi, waktu di depan komputer dan waktu mengemudi. Para peserta kemudian diamati selama rata-rata 8,2 tahun. Setelah diamati, para peneliti melaporkan terjadinya 97 kematian; 19 kematian akibat penyakit kardiovaskuler, 46 akibat kanker dan 32 akibat penyebab lain.

Risiko kematian meningkat dua kali lipat bagi peserta yang menonton TV tiga jam atau lebih selama sehari dibandingkan dengan mereka yang menonton TV selama satu jam atau kurang. Risiko dua kali lipat lebih tinggi ini juga terjadi setelah memperhitungkan beragam variabel lainnya yang terkait dengan risiko kematian yang lebih tinggi.

Para peneliti tidak menemukan hubungan yang signifikan antara waktu di depan komputer atau mengemudi dengan risiko tinggi kematian dini. Para peneliti mengatakan bahwa studi lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi pengaruh penggunaan komputer dan mengemudi terhadap tingkat kematian dan untuk menentukan mekanisme biologis yang menjelaskan asosiasi tersebut.

“Seiring bertambahnya usia, perilaku menetap akan menjadi lebih umum, terutama menonton televisi. Hal ini menimbulkan beban tambahan pada peningkatan masalah kesehatan yang terkait dengan penuaan,” kata Martinez-Gonzalez, seperti dilansir American Heart Association (25/6/2014).

“Temuan kami menunjukkan orang dewasa dapat mempertimbangkan untuk meningkatkan aktivitas fisik mereka, menghindari waktu menetap dengan jangka yang lama dan mengurangi waktu menonton televisi tidak lebih dari satu hingga dua jam setiap hari,” Martinez melanjutkan.

Penelitian ini mengutip penelitian sebelumnya yang menunjukkan bahwa setengah dari orang dewasa di Amerika Serikat memimpin di dalam perilaku hidup menetap.

American Heart Association merekomendasikan untuk setidaknya melakukan aktivitas aerobik intensitas sedang selama 150 menit atau 75 menit aktivitas aerobik intensitas tinggi setiap minggunya. Anda juga harus melakukan aktivitas penguatan otot dengan intensitas sedang hingga tinggi setidaknya dua hari di dalam seminggu.

You May Also Like