Cara Periksa Apakah Data Pribadi Bocor di Internet

Cara Periksa Apakah Data Pribadi Bocor di Internet

Bhataramedia.comCara Periksa Apakah Data Pribadi Bocor di Internet. Adapun kabar tentang kebocoran data, membuat banyak orang menjadi cemas tentang data pribadi mereka. Maka dari itu, pada postingan ini kita akan membahas dan memberikan tips tentang cara periksa kebocoran data pribadi di internet yang dapat kamu ketahui dari ulasan selengkapnya berikut ini.

Tips atau Cara Periksa Kebocoran Data Pribadi

Ada beberapa cara yang dapat kamu coba lakukan untuk mengetahui apakah data kamu telah bocor di internet atau tidak, berikut ini adalah beberapa cara tersebut :

  1. Menggunakan Aplikasi Periksadata.com

Cara yang pertama melalui aplikasi Periksadata.com yang mana hanya dengan mengisi email pada kolom email lalu tap “Periksa Sekarang” pada aplikasi Periksadata.com. Setelah itu akan muncul balasan apabila ada kebocoran maka aplikasi ini akan memunculkan peristiwa kebocoran data.  Aplikasi ini juga akan memberitahu email, nama lengkap dan alamat IP. Kamu juga akan dapat saran bagaimana cara untuk mengantisipasi kebocoran data, baik itu dengan mengganti password atau membuat autentifikasi dua langkah.

  1. Avast Hack Check

Kamu juga dapat memanfaatkan situs Avast melalui laman Avast.com/hackcheck. Dengan situs tersebut akan menampilkan hasil dari pemindai email yang kamu masukkan pada kolom pemeriksaan yang ada pada laman utamanya. Tak berselang lama situs ini akan memberitahukan kepada kamu informasi melalui email. Dan memuat kata sandi yang bocor dalam bentuk terenkripsi.

  1. HIBP atau Have I Been Pwned

Ketiga adalah memanfaatkan situs haveibeenpwned.com untuk mendeteksi kemungkinan kebocoran data pribadi kamu. Cara pengoperasiannya oun tak jauh berbeda dengan Avast, yakni masuk ke lamannya dan masukkan pula email kamu oada kolom pemeriksaan.

  1. 1Password

Situs ini juga bisa memeriksa kebocoran data kamu yang direkomendasikan sejumlah ahli keamanan. Bahkan situs akan memberi peringatan ke penggunanya jika ada kata sandi yang bocor dan bisa membuat kata sandi yang unik, kompleks dan tandon.

  1. Dehashed

Terakhir ada situs Dehashed yang tak kalah canggih dalam melakukan pengecekan keamanan akun dari upaya peretasan. Caranya pun cukup mudah dan data yang diperiksanya terbilang lengkap. Dan tidak hanya email, kamu juga bisa mencari data apapun dengan memasukkan kata kuncinya ada kolom pemeriksaan. Bahkan situs ini juga memiliki fitur hapus entri data pribadi.

Akhir Kata

Itulah beberapa Cara Periksa Apakah Data Pribadi Bocor di Internet. Bagaimana? Sudah tahu harus gunakan yang mana? Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat untuk kamu yang membacanya.

You May Also Like