Categories: Science

Kinerja Motorik Kognitif Mencapai Puncaknya Pada Usia 24 Tahun

Bhataramedia.com – Suatu studi yang melibatkan pemain game strategi populer, StarCraft II, menunjukkan bahwa puncak kinerja motorik kognitif terjadi pada usia 24 tahun.

Menurut para peneliti, StarCraft II ialah permainan perang kompetitif intergalaksi yang para pemainnya berusaha untuk memenangkan sejumlah uang yang cukup banyak.

Pada studi yang dilakukan terhadap data permainan dari 3.305 pemain StarCraft II berusia 16-44 tahun, peneliti dari Simon Fraser University menggunakan ribuan jam data permainan yang dikumpulkan untuk menilai keputusan berbasis kognitif yang dilakukan oleh pemain dengan berbagai tingkat keahlian.

Seperti dilansir Nature World News (15/4/2014), tim peneliti yang terdiri dari seorang psikolog serta ilmuwan statistik dan aktuarial, menggunakan data permainan untuk menilai bagaimana pemain merespon lawan mereka dan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan pemain untuk bereaksi.

“Pemain yang berusia lebih dari 24 tahun menunjukkan perlambatan di dalam ukuran kecepatan kognitif yang dikenal penting untuk kinerja,” kata Joe Thompson, yang melakukan penelitian ini sebagai bagian dari disertasi doktornya. “Penurunan kinerja kognitif setelah usia 24 tahun bahkan terjadi pada pemain dengan tingkat keterampilan yang lebih tinggi.”

Related Post

“Namun, pemain yang lebih tua masih mampu untuk tetap kompetitif dengan memanfaatkan tombol “shortcut” keyboard yang tampaknya bertindak sebagai cara untuk mengkompensasi penurunan kecepatan di dalam melakukan keputusan secara real-time,” kata Thompson.

Pemain yang lebih tua, meskipun lebih lambat, tampaknya mampu menyesuaikan dengan menggunakan strategi sederhana dan menggunakan “interface” permainan lebih efisien daripada pemain muda. Hal tersebut memungkinkan pemain yang lebih tua untuk mempertahankan keahlian, meskipun terjadi penurunan pada kecepatan motorik kognitif mereka .”

“Kapasitas motorik kognitif manusia tidak stabil selama usia 20-40 tahun, tetapi masih bersifat konstan. Kinerja sehari-hari kita merupakan hasil dari interaksi terus-menerus antara perubahan dan adaptasi terhadap lingkungan,” lanjut Thompson.

Seiring perkembangan dunia modern, kita menjadi lebih bergantung pada komputer. Thompson mengatakan bahwa data besar seperti yang digunakan di dalam penelitiannya akan lebih tersedia, sehingga akan membuka kesempatan bagi penelitian dengan data yang lebih besar.

Penelitian ini diterbitkan di jurnal PLoS One.

Nur Insana Imaniar

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago