Cara Membuat Surat Resmi Yang Benar, Ini Contohnya!

Cara Membuat Surat Resmi Yang Benar

Bhataramedia.comCara Membuat Surat Resmi Yang Benar – Untuk membuat surat resmi, maka kita diharuskan mengenal apa saja bagian-bagian yang harus ada pada surat tersebut. Berikut ini adalah bagian-bagian surat resmi:

1. Kop surat

Pada bagian paling atas, sering kita lihat logo instansi dan nama instansi. Baik instansi sekolah atau dinas atau instansi yang lain terdapat logo dan nama instansi ini. Biasanya kita sebut dengan kop surat. Selain logo dan nama instansi, terdapat alamat serta nomor telpon atau email dari lembaga tersebut.

2. Tempat dan tanggal

Tempat dan tanggal biasa ditulis setelah kop surat. Ini untuk memberitahukan bahwa pengirim dari instasi itu berdomisili di wilayah tersebut serta membuat surat pada tanggal tersebut. Sehingga jelas keberadaan lembaga tersebut.

3. Nomor, Lampiran, Hal/Perihal

Pada bagian nomor menunjukan nomor surat keluar dari instansi pengirim. Lampiran menunjukkan dokumen lain yang menyertai surat resmi tersebut. Jika tidak menyertakan dokumen lain maka dapat Anda kasih strip. Sedangkan Hal/Perihal menunjukkan jenis surat. Apakah surat tersebut merupakan surat perintah, undangan, keterangan, pemberitahuan dan sebagainya.

4. Tujuan surat

Disini bisa ditulis sesuai keperluan. Misal jika instansi sekolah Anda mengundang wali murid, maka diisi wali murid. Jika nama orang maka ditulis nama orang, apabila nama instasi maka bisa kepala instansi dsb.

5. Pembuka

Pembuka ini cukup ditulis “Dengan hormat“. Ini merupakan salam pembuka yang singkat, namun harus ada.

6. Isi surat

Isi surat menunjukkan maksud dan tujuan Anda membuat surat. Misalnya  kalau undangan maka harus menyampaikan undangan dengan singkat, padat dan jelas. Terutama maksud dan tujuan Anda membuat surat. Misal surat undangan, maka harus singkat dan jelas dalam mengundang dimana ada waktu kapan undangan tersebut diadakan, tempatnya dimana, jam berapa, dsb.

7. Penutup

Penutup ini juga merupakan kalimat yang singkat saja. Gunakan kata-kata yang baik yang menunjukkan kesantunan dalam berkomunikasi.

8. Nama pembuat surat, tanda tangan

Bagian paling akhir adalah nama pembuat surat. Misal kepala sekolah, maka nama kepala sekolah ditulis dibawa tanda tangan yang telah distempel oleh sekolah tersebut. Bisa ditambahkan dibawahnya nomor induk pegawai atau NIP.

Berikut ini kami berikan contoh surat yang bisa Anda jadikan gambaran agar lebih mudah saat Anda mau membuat surat resmi.

===========================================

LOGO Instansi
SMA Bhakti Sentosa Semarang
Jl. Ahmad Yani No. 10  Semarang Jawa Tengah
No. Telp. (024) 273874, [email protected]

———————————————————————-

Semarang, 25 April 2022

No                          : 028/SMA-Bakti-Sent/IV/2022
Lampiran               : –
Hal                         : Undangan

Yth. Orang tua/Wali Murid
Kelas XI , XII, XII SMA Bhakti Sentosa Semarang
Semarang

Dengan hormat,

Untuk memperingati hari pendidikan nasional, kami selaku pihak sekolah mengundang Bapak/Ibu Wali murid kelas X, XI dan XII SMA Bhakti Sentosa Semarang untuk hadir dalam acara lomba Cerdas Tangkas antar sekolah sekaligus peresmian gedung perpustakaan baru yang dihadiri oleh Bapak Camat, Kepala Kelurahan setempat, komite sekolah sekaligus Ketua Yayasan Bhakti Sentosa.

Acara tersebut akan diadakan pada:

Hari/Tanggal         : Rabu, 12 Mei 2022
Pukul                      : 09.00 s.d. 13.00 WIB
Tempat                  : Gedung sekolah SMA Bhakti Sentosa Semarang
Acara                     : Cerdas Tangkas & Peresmian Gedung Perpustakaan SMA Bhakti Sentosa Semarang

Demikian surat undangan ini dibuat, atas kehadirannya kami mengucapkan terima kasih.

Kepala Sekolah,
SMA Bhakti Sentosa Semarang

 

Biyan Sanjaya, MPd
NIP:09975388110

Biasanya di instansi, sudah memiliki banyak file contoh surat termasuk surat resmi untuk instansi lain atau perorangan. Namun jika file arsip itu rusak dan hilang tentunya Anda akan mencari sumber atau contoh lain dari internet. Dengan artikel ini maka kami berharap bisa membantu Anda dalam memberikan panduan dalam membuat surat resmi. Dengan adanya contoh diatas kami berharap Anda dapat jelas dan mudah membuatnya. Semoga bermanfaat.

 

Sumber: CV Surat

You May Also Like