Rumah Sakit Khusus untuk Anjing Laut Jenis Hawiian Monk

Bhataramedia.com – Sebuah rumah sakit baru untuk anjing laut yang sakit atau terluka hampir selesai dibangun dan akan segera dibuka musim panas ini. Hawaiian Monk Seal Hospital dibangun di Kailua-Kona, Hawaii, oleh Marine Mammal Center yang tak lain adalah perkumpulan dokter hewan di Sausalito, Calf.

Seperti dilansir laman LiveScience (4/4/2014), rumah sakit ini dilengkapi dengan fasilitas lengkap dimana fasilitas-fasilitas ini nantinya akan digunakan untuk perawatan anjing laut yang sakit. Anjing laut yang dirawat di rumah sakit khusus ini nantinya akan dikembalikan pada habitat aslinya. Anjing laut khususnya anjing laut betina yang sudah masuk ke dalam kategori aktif bereproduksi akan dibantu untuk berkembang biak di rumah sakit ini. Anjing laut betina dewasa yang terluka atau sakit akan dipulihkan terlebih dahulu kesehatannya dan akan dikembalikan ke area populasi reproduktif di mana di sini anjing laut betina dewasa kemungkinan besar dapat bereproduksi.

Anjing laut berjenis Hawaiian monk adalah kelompok hewan laut yang hampir punah. Selain anjing laut, satwa yang termasuk ke dalam kelompok ini adalah singa laut dan walrus. Berdasarkan data terakhir yang diperoleh dari Marine Mammal Center di U.S, populasi satwa laut yang khrismatik ini mengalami penurunan sekitar 3 sampai 4 persen tiap tahun dalam kurun waktu 10 tahun ini. Dan data terakhir menunjukan bahwa jumlah total anjing laut kurang dari 1.100 ekor saja di dunia.

Anjing laut berjenis Hawaiian monk bisa saja terperangkap di kubangan sampah di laut dan juga ancaman dari perubahan rantai makanan di laut. Yang lebih memprihatinkan lagi, hanya satu diantara 5 anak anjing laut yang dapat bertahan hidup di laut bebas hingga menjadi anjing laut dewasa. Sebuah rumah sakit khusus untuk anjing laut yang bernama Ke Kai Ola adalah rumah sakit khusus untuk pemulihan anjing laut. Rumah sakit ini memiliki dua area khusus yang digunakan untuk proses persalinan anjing laut. Rumah sakit ini juga memiliki kolam khusus untuk anjing laut remaja. Adapun fasilitas-fasilitas lainnya yaitu laboratotium medis, kantor staff, dapur, dan ruangan khusus untuk melatih anjing laut.

Marine Mammal Center dibangun pada bulan September tepatnya tanggal 15 tahun 2012. Big Island menjadi lokasi pilihan untuk membangun rumah sakit khusus ini meski faktanya sebagian besar anjing laut tinggal di area barat laut pulau Hawaii. Alasan mengapa Big Island menjadi pilihan lokasi untuk dibangun Marine Mammal Center adalah karena lokasi ini memiliki sumber air laut yang sangat bersih. Selain itu alasan lainnya mengapa Big Island menjadi pilihan terfavorit untuk membangun Marine Mammal Center adalah karena lokasi ini cukup dekat dengan bandara. Keberadaan bandara ini sangatlah penting untuk kepentingan pengangkutan binatang laut.

Terdapat dua jenis anjing laut yang masuk ke dalam kategori anjing laut Hawaiian Monk. Kurang lebih 100 ekor anjing laut tinggal di Pulau Hawaii dan 1000 lainnya hidup di barat laut Pulau Hawaii. Di area barat laut, jumlah populasi anjing laut menurun tajam sedang di area Pulau Hawaii populasi anjing laut terus meningkat. Hal ini menunjukan semakin sering interaksi antara anjing laut dan manusia, semakin baik juga untuk populasi anjing laut karena manusia akan berusaha untuk mencegah punahnya anjing laut . Marine Mammal Center bekerjasama dengan NOAA Fisheries, Hawaiian Monk Seal Recovery Team dan Hawaii Wildlife Fund untuk membangun rumah sakit khusus untuk anjing laut.

You May Also Like