Cara Membuat Alamat Email dengan Domain Sendiri

Cara Membuat Alamat Email dengan Domain Sendiri

Bhataramedia.comPada halaman ini kami akan membahas tentang bagaimana Cara Membuat Alamat Email dengan Domain Sendiri untuk bisnis dan perusahaan secara mudah.

Memiliki email dengan nama domain sendiri adalah hal penting. Mengapa demikian? Karena dengan memiliki email dengan domain sendiri maka Anda akan terlihat lebih profesional, terutama untuk keperluan bisnis online

Ada dua jenis email yang ada saat ini, yaitu email bisnis dan email personal. Keduanya memang sama-sama email tetapi untuk peruntukannya sudah berbeda. Karena penggunaan email bisnis akan lebih dipercaya oleh konsumen jika dibandingkan dengan menggunakan email personal gratis seperti [email protected], [email protected] dan lain sebagainnya.

Alamat email tersebut bukan lagi alamat email dari Google mail (gmail). Untuk membuat email dengan domain sendiri, bisa dilakukan melalui cpanel website.

Cara Membuat Alamat Email dengan Domain Sendiri

Sebelum membuat akun email dengan domain sendiri, pastikan Anda sudah memiliki domain dan hosting. Domain yang digunakan bisa menggunakan ekstensi .com, .net, .co.id ataupun top level domain (TLD) lainnya. Jika Anda sudah membeli hosting dan domain, langkah selanjutnya adalah sebagai berikut:

  1. Login ke cPanel
  2. Klik Menu E-Mail Account.
  3. Isi biodata form paling atas di halaman tersebut :
    1. E-mail : untuk form ini Anda harus mengisi e-mail yang akan digunakan. Contoh jika Anda ingin menulis alamat [email protected]. Maka tulislah nama umam saja.
    2. Kata sandi : ini merupakan salah satu hal penting dan harus diisi dengan benar.
    3. Mailbox Quota : ini harus diisi dengan jumlah kapasitas yang dikehendaki. Mailbox quota harus disesusaikan dengan kapasitas account hosting.
  4. Klik Create.
  5. Pada halaman selanjutnya akan muncul keterangan “Account Created” ini menujukkan bahwa akun email melalui domain sudah berhasil dibuat.
  6. Selanjutnya, Anda sudah bisa mengakses email melalui WebMail, Outlook, ataupun Thunderbird.
  7. Jika ingin menggunakan webmail, Anda bisa mengaksesnya melalui http://webmail.namadomain.com kemudian masukkan alamat email yang sudah dibuat. Ingat ini harus dimasukkan dengan benar dan lengkap.

Seperti itulah cara membuat email dengan domain sendiri untuk bisnis dan perusahaan secara mudah. Semoga bermanfaat bagi anda.

You May Also Like