Bakteri Usus Cacing dapat Mendegradasi Plastik

waxworm

Bhataramedia.com – Plastik telah dikenal sulit terdegradasi di lingkungan selama bertahun-tahun dan memberikan kontribusi signifikan terhadap sampah dan tempat pembuangan sampah. Namun, para ilmuwan telah menemukan bahwa bakteri dari dari usus cacing yang dikenal mengunyah kemasan makanan dapat mendegradasi polietilena, jenis plastik yang paling umum.

Temuan ini dipublikasikan di jurnal ACS Environmental Science & Technology. Para ilmuwan mengatakan bahwa temuan ini dapat mengarahkan pada cara-cara baru untuk membantu menyingkirkan sampah yang sulit didegradasi.

Jun Yang dan koleganya menunjukkan bahwa industri plastik global menghasilkan sekitar 140 juta ton polietilena setiap tahunnya. Kebanyakan digunakan sebagai tas, botol dan kotak yang sering kita gunakan sehari-sehari dan kemudian dibuang.

Para ilmuwan telah mencoba untuk mencari tahu selama bertahun-tahun bagaimana membuat sampah plastik ini hilang. Beberapa studi terbaru telah mencoba menggunakan bakteri untuk mendegradasi plastik, tetapi hal ini memerlukan plastik untuk diekspos terhadap cahaya atau panas terlebih dahulu. Yang dan timnya ingin menemukan bakteri yang dapat mendegradasi polietilena di dalam satu langkah.

Dilansir American Chemical Society (03/12/2014), para peneliti mencoba beralih ke larva ngengat pemakan plastik, yang dikenal sebagai waxworm. Mereka menemukan bahwa setidaknya dua strain mikroba dari usus waxworm dapat mendegradasi polietilena tanpa langkah perlakuan awal (pretreatment). Mereka mengatakan bahwa hasil dari penelitian ini menunjukkan arah dan cara baru yang secara langsung dapat mengurai plastik secara alami.

Para penulis mendapatkan dana dari National Natural Science Foundation of China, National Basic Research Program of China dan Shenzhen Key Laboratory of Bioenergy.

You May Also Like