Teknologi Drone Untuk Pertanian

Teknologi Drone Untuk Pertanian

Bhataramedia.com – Sebagian dari kita pastinya sudah pernah mendengar hal terkait teknologi drone. Yang biasanya berguna saat pembuatan film ataupun fotografi lainnya. Namun kini, teknlogi drone sudah mulai merambat ke bidang lainnya, misalnya pertanian. Dan kali ini, kita akan mengulas sedikit mengenai teknologi drone yang berguna untuk pertanian.

Apa itu Teknologi Drone?

Teknologi drone merupakan teknologi yang berupa pesawat tanpa awak yang juga dilengkapi dengan kamera dan dapat dikendarai hanya dengan menggunakan remote control ataupun smartphone. Dulunya, teknologi ini digunakan untuk kepentingan militer, terbatas dan pengoperasiannya pun tidaklah mudah. Namun semakin kesini, drone malah menjadi populer pada kalangan fotografi dan tren kamera.

Jika dahulu untuk mengambil gambar dari ketinggian kita membutuhkan energy dan waktu yang cukup lama karena harus menaiki gedung, bukit, gunung atau daratan tinggi lainnya. Kini dengan teknologi drone, para fotografer pun menjadi lebih mudah dan mampu mengambil ataupun merekam gambar dari ketinggian tanpa perlu bersusah payah menaiki daratan yang lebih tinggi lagi.

Drone Untuk Perkembangan Pertanian

Dan kini, para petani pun sudah mulai memanfaat teknologi canggih ini dalam penaburan bubuk dan benih padi pada sawah mereka. Seperti yang telah petani lakukan daerah Sukoharjo dan Bupati Sukoharjo menyaksikan langusung beberapa waktu lalu.

Bahkan, salah satu Dosen Fakultas Pertanian dan Perternakan UMM telah menciptakan tiga jenis drone untuk mendukung pertanian Indonesia yakni Farm Mapper, Motorodo MX dan Spraying Robot Indonesia. Drone agriculture ini juga berharap mampu untuk membantu dalam pemantauan areal pertanian dengan skala yang lebih luas dan akurat dari foto citra satelit.

Kegunaan Drone Untuk Pertanian

Menginvestigasi kesehatan tanaman

Penggunaan drone yang dilengkapi dengan kamrea NDVI atau Normalized Difference Vegetatif Index) dipercaya mampu menghasilkan pencitraan yang lebih jelas sehingga tanaman yang sakit pun akan terlihat dengan warna yang ditunjukkan akan berbeda dengan tanaman yang normal atau sehat.

Menginpeksi irigasi atau perairan

Penggunaan drone juga berharap mampu mengontrol laju pengairan serta mendeteksi wilayah yang kekurangan air.

Mengidentifikasi kesuburan tanah

Drone juga bisa berguna untuk membantu dalam pengidentifikasian dan menganalisis kandungan tanah.

Itulah sedikit ulasan mengenai teknologi drone untuk pertanian yang sudah mulai berkembang untuk menunjang pertanian modern pada Negara Indonesia. Semoga bermanfaat dan dapat menjadi tambahan informasi untuk kita semua.

You May Also Like