Kelebihan dan Kekurangan Teknologi VR dan AR

Kelebihan dan Kekurangan Teknologi VR dan AR

Bhataramedia.comKelebihan dan Kekurangan Teknologi VR dan AR. Teknologi yang semakin canggih saat ini memang tidak perlu diragukan lagi. Seperti teknologi terbaru saat ini yang sedang booming dan diminati banyak orang dari segala kalangan. Mulai dari anak –anak, remaja, hingga orang dewasa. Yaitu teknologi VR atau Virtual Reality dan AR atau Augmented Reality.

Teknologi ini popular semenjak adanya platform gaming yang menggunakannya dan setelah itu mulai tumbuh antusias dan banyak masyarakat yang memanfaatkan teknologi ini. Teknologi yang hampir serupa karena sama – sama menyajikan pengalaman baru untuk para penggunanya.

Kendati demikian, kedua teknologi ini memiliki kelebihan dan kekurangan yang perlu kamu tahu, khususnya jika kamu merupakan peminat dan pecinta teknologi ini. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Kelebihan Teknologi VR (Virtual Reality)

Sesuai dengan namanya, Virtual Reality memberikan sensasi kualitas yang sangat realistis untuk penggunaannya dan dapat menyambungkan ke perangkat – perangkat tertentu lainnya. Kelebihan teknologi ini juga sangat banyak seperti pengalaman visual yang realistis. Membuat kita dapat berinterkasi dengan objek yang ada pada saat kita menggunakan teknologi ini yang biasanya dapat temui sewaktu bermain game tertentu. Dalam kehidupan sehari – hari, teknologi ini juga memberikan kelebihan seperti:

  • Membuat kita bisa melihat pemandangan indah yang ada di seluruh dunia baik dengan realistis dan langsung. Ini bisa terwujud karena teknologi VR mengusung kualitas visual yang sangat realistis. Sehingga penampakan lingkungan yang disajikan teknologi ini hampir menyerupai aslinya dalam bentuk 3D.
  • Membuat kita menjadi banyak bergerak. Jika biasanya kita bermain game hanya menggunakan jari – jari tangan, berbeda data bermain game menggunakan teknologi ini, karena kamu akan menggunakan banyak gerakan seperti berlari, berjalan atau sekedar menggerakkan tangan.

Kelebihan Teknologi AR (Augmented Reality)

Teknologi yang satu ini lebih mudah dan murah dibandingkan dengan teknologi VR, sehingga pengguna tidak terbatas dan lebih mudah merebak karena dapat diimplementasikan diberbagai media. Kelebihan lainnya adalah biaya pembuiatannya yang tidak terlalu mahal jika dbandingkan dengan teknologi VR dan menggunakan objek sederhana.

Kekurangan Teknologi VR (Virtual Reality)

Selain memiliki kelebihan, teknologi VR juga memiliki kekurangan, yaitu:

  • Biaya pembuatan yang lebih cenderung mahal.
  • Sangat terbatas utnuk penggunaan dan pembuatannya.
  • Dapat meningkatkan pengangguran yang diakibatkan dalam merancang proyek hanya dibutuhkan beberapa orang saja.

Kekurangan Teknologi AR (Augmented Reality)

Begitu pula dengan teknologi AR yang memiliki kekurangan dalam pelacakan sudut bandang pengguna, yang mana aplikasi harus tahu terlebih dahulu lokasi pengguna.

Itulah sedikit penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan dari teknologi AR dan VR. Semoga bemanfaat dan kita lebih bisa mengontrol diri dalam menggunakan teknologi canggih saat ini.

You May Also Like