Cara Memindahkan Foto dan Video Dari Kamera DSLR Ke iPhone Tanpa Komputer PC

Diposting pada

Anda mungkin memiliki beberapa foto terbaik yang tersimpan di kamera DSLR dan ingin Anda unggah ke sosial media instagram namun terkendala akses. Hal ini juga yang dialami oleh beberapa orang sama diluar sana.

Terkesan ribet memang ketika ingin memindahkan atau transfer file foto dan video dari memory kamera dslr ke iphone tanpa komputer/pc. Bahkan terkesan amat sangat sulit. Cara umum yang dilakukan beberapa orang adalah dengan memindahkan terlebih dahulu ke komputer kemudian memindahkan ke iPhone menggunakan itunes atau koneksi Airplay.

Tapi pada artikel kali ini akan dijelaskan metode lainnya yang cukup sederhana untuk dapat Anda lakukan ketika ingin memindahkan file foto Anda dari Kamera DSRL ke iPhone iOS dengan sangat mudah. Lebih jelasnya sebagai berikut ini:

Cara Memindahkan Foto Dari DSRL Ke iPhone Menggunakan Kabel Adaptor

Cara paling ringkas adalah menggunakan alat tambahan berupa Kabel Adaptor. Apabila Anda bersedia untuk mengeluarkan uang tambahan untuk membeli alat tersebut. Maka Anda bisa menggunakan kabel adaptor berupa salah satu jenis sambungan adapter berikut:

  • Kabel Lightning Ke SD Card Camera Reader
  • Kabel Lightning Ke USB 3 Camera Adapter -> Kabel USB Ke Port Mini USB Kamera DSLR
  • Kabel Lightning Ke USB Camera Adapter

Jika Anda bingung dengan tampilan kabel sambungan tersebut, Anda bisa lihat seperti pada contoh kabel dibawah ini:

Salah satu dari sambungan kabel ini bisa Anda dapatkan toko ecommerce Indonesia atau toko kamera secara terpisah. Harga kabel ini berkisar antara 600 hingga 900 ribuan untuk satunya. Namun jika Anda ingin lebih murah, Anda bisa membeli USB Camera Original Lighting di Woiden seharga 550 ribu untuk satunya.

Harga kabel adaptor ini memang cukup mahal, namun untuk fungsinya memungkinkan Anda dapat memindahkan file foto dan video dari DSRL ke iPhone secara langsung tanpa komputer sekalipun. Anda cukup menghubungkan kabel tersebut ke iphone anda kemudian menghubungkan menggunakan micro usb kamera Anda ke USB 3 adaptor tersebut seperti pada gambar dibawah.

Setelah terhubung, Anda hanya perlu mengaktifkan kamera Anda, kemudian alihkan ke tab “Import” dalam aplikasi Photos iPhone Anda. Anda bisa memilih foto mana saja yang ingin Anda pindahkan dengan mudah, kemudian mengetuk tombol “Import” dari menu kanan atas.

Dukungan ini tersedia dari iOS 9 Keatas. Sehingga ini lebih mudah untuk melakukan sedikit editing langsung dari iPhone setelah file Anda pindahkan dengan sempurna.