Cara Mengaktifkan Fitur Two-Factor Authentication di iPhone iOS 11

Two Factor Authentication atau Otentikasi dua faktor sudah ada sejak iOS 10. Ini adalah fungsi praktis yang menambahkan keamanan ekstra ke iPhone Anda dan membuat keamanan yang hampir tak tertembus bahkan lebih kuat. Fitur ini tetap utuh dengan hadirnya di iOS 11. Bahkan relatif mudah untuk diaktifkan.

Bahasa sehari-hari dikenal sebagai “Authentication Two Factor”, fitur keamanan ini sangat ideal untuk orang-orang yang menggunakan beberapa perangkat selain iPhone atau iPad mereka (lebih dari 1 perangkat Apple). Dengan Otentikasi dua faktor, Apple akan mengirimkan kode sementara enam digit untuk digunakan selain ID dan kata sandi Apple Anda saat Anda masuk dari perangkat baru. Ini berjalan jauh untuk mencegah akses yang tidak sah ke data penting Anda.

Meskipun cukup sederhana untuk diaktifkan. Namun Outentikasi dua faktor memerlukan sedikit tambahan tahap untuk menjaga agar tetap aman. Dengan demikian, Artikel ini telah merinci proses untuk mengaktifkan dan mematikan fitur ini. Jadi jika Anda tertarik untuk belajar lebih banyak, teruslah membaca lebih lanjut.

Mengaktifkan Otentikasi Dua Faktor

Proses mengaktifkan fitur Otentikasi dua faktor Apple dilakukan melalui setting iPhone Anda. Untuk mengaktifkannya, cukup ketuk Nama Anda (Apple ID) di bagian paling atas halaman Settings utama, lalu pilih “Password & Security.” Dari sana, ketuk “Turn On Two-Factor Authentication”.

Sekarang Anda akan diarahkan ke halaman yang menjelaskan secara singkat fitur ini. Kemudian ketuk “Use Two-Factor Authentication” setelah Anda membaca detailnya. Anda akan diberi pilihan untuk menggunakan nomor telepon yang telah terdeteksi Apple terkait dengan akun Anda, atau masukkan yang baru yang ingin Anda gunakan.

Kode verifikasi akan dikirim ke nomor yang Anda daftarkan, dan Anda akan diberi pilihan apakah Anda ingin menerimanya sebagai pesan teks atau panggilan telepon otomatis. Setelah Anda mengaturnya, Anda akan diminta memasukkan kata sandi untuk ID Apple Anda, diikuti enam digit kode. Fitur otentikasi dua faktor akan sepenuhnya diaktifkan setelah berhasil memasukkan keduanya.

Menonaktifkan Otentikasi Dua Faktor

Demi keamanan, proses penguraian autentikasi dua faktor pada iPhone Anda sedikit lebih banyak terlibat. Jadi Anda tidak bisa hanya mematikannya dengan masuk ke pengaturan iPhone Anda. Sebagai gantinya, Anda benar-benar harus mengarahkan ke Mac atau PC Anda. Untuk memulai, buka peramban di komputer Anda, lalu ke iCloud.com dan masuk dengan ID dan sandi Apple Anda.

Karena autentikasi dua faktor diaktifkan, iCloud secara alami akan meminta kode verifikasi enam digit sebelum memungkinkan Anda masuk. Jadi kembalilah ke iPhone dan setujui login Anda dengan mengetuk “Allow” pada permintaan prompt untuk mendapatkan Kode.

Dengan kode verifikasi enam digit di tangan, ketik ke halaman iCloud di browser komputer Anda. Kemudian klik “Trust” pada petunjuk berikut untuk menyelesaikan login Anda dan akhirnya membawa Anda ke halaman utama akun iCloud Anda.

Di dalam beranda akun iCloud, klik “Settings”.

Sekarang, pilih “Manage” (terletak tepat di bawah “ID Apple”) di dekat bagian atas laman setelan di samping nama Anda. Anda mungkin akan dibawa ke halaman login lain untuk melanjutkan, jadi masukkan kembali kredensial Apple ID Anda diikuti oleh kode otentikasi enam digit lainnya yang bisa Anda dapatkan dari iPhone Anda seperti yang disebutkan sebelumnya. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman informasi akun Anda.

Di dalam halaman “Manage Your Apple ID”, klik tombol “Edit” di sisi kanan yang terletak di tab “Security” yang berisi kata sandi, autentikasi dua faktor, dan nomor telepon tepercaya.

Setelah berada di halaman keamanan, arahkan ke tab Two Factor Authentication dan klik “Turn Off Two Factor Authentication” untuk mematikan fitur ini untuk selamanya.

Selesaikan pilihan Anda dengan mengklik bagan konfirmasi untuk mematikan fitur. Anda mungkin diminta membuat tiga pertanyaan keamanan baru sebelum dimatikan, jadi teruskan dan buatlah mereka jika Anda belum melakukannya. Setelah mengkonfirmasikan, Anda akan menerima konfirmasi terakhir yang memberitahukan bahwa fitur tersebut telah dinonaktifkan, jadi tekan “Done” dan keluar dari iCloud di komputer Anda.

Sekarang Anda tahu cara mengubah autentikasi dua faktor atau menonaktifkannya di iOS 11. Selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan. Silahkan tinggalkan melalui kolom komentar dibawah.

You May Also Like