5 Fungsi Rahasia Tombol Home di iPhone

Tombol home iPhone setidaknya memiliki enam fungsi default yang berbeda-beda. Seperti mengaktifkan layar kunci, multitasking , memindai ID Touch, mengaktifkan Siri , mengaktifkan Reachability, dan kembali ke layar awal/sebelumnya. Secara obyektif, itu hanya membutuhkan satu tombol saja.

Namun terkadang Anda akan mungkin menghadapi situasi di mana Anda tidak bermaksud menggunakan fungsi tertentu. Di lain waktu, Anda akan dapat klik dua kali atau klik tiga kali, namun tindakan yang ingin Anda lakukan tidak terdaftar. Untuk membantu mengendalikan segala sesuatunya sekali dan untuk selamanya, atau untuk mendapatkan lebih banyak fungsi dari tombol Home Anda, lihat tip di bawah ini.

Panduan ini mengasumsikan Anda menjalankan perangkat lunak paling mutakhir yaitu minimum iOS 9 di iPhone Anda. Tip ini juga akan bekerja sama di iOS 10 yang baru. Tapi tidak menutup kemungkinan beberapa mungkin juga dapat berjalan pada versi iOS yang lebih tua.

  1. Reachability

Reachability pertama kali diperkenalkan pada varian iPhone 6 untuk membuat layar lebih besar lebih mudah digunakan hanya dengan satu tangan, jadi jika Anda tidak memiliki varian iPhone 6 atau 6s, Anda tidak akan melihat fungsi Reachability di manapun. Ini adalah salah satu fitur iOS favorit saya di iPhone saya, tapi sangat mudah diaktifan secara tidak sengaja, karena yang dibutuhkan hanyalah dua sentuhan yang tidak disengaja.

Jika Anda ingin menonaktifkan fitur ini, mulailah dengan menuju ke Settings -> General -> Accessibility, lalu gulir ke bawah sedikit dan matikan peralihan di samping menu “Reachability”. Mulai sekarang, double-tapping (ketuk dua kali) tombol home anda tidak akan menyebabkan apapun terjadi.

  1. Menyesuaikan Kecepatan Klik

Untuk fungsi double dan triple-click, ada kecepatan tertentu yang harus dilakukan untuk gerakan ini. Jika tidak antarmuka multitasking atau shortcut aksesibilitas Anda tidak akan diluncurkan. Bagi beberapa orang, kecepatan default di antara klik mungkin terlalu cepat.

Jika Anda ingin mengubahnya, masuklah ke menu “Accessibilty” (Settings -> General -> Accessibilty). Dari sini, gulir ke bawah sedikit, lalu pilih opsi “Home Button”. Selanjutnya, atur Speed ​​Klik ke Slow atau Slowest, dan mulai sekarang, Anda dapat mengambil sedikit waktu lagi di antara penekanan tombol saat meluncurkan isyarat double dan triple-click.

  1. Penggunaan Siri

Anda mungkin jarang atau bahkan tidak sama sekali menggunakan Siri di iPhone Anda. Mengingat Siri saat ini belum tersedia untuk Bahasa Indonesia, sehingga sangat kurang berfungsi untuk pengguna Indonesia, kecuali Anda benar-benar mahir speaking inggris.

Jadi, Untuk mencegah aktivasi Siri yang tidak disengaja, buka “Touch ID & Passcode” (atau hanya Passcode) di menu Settings Anda, kemudian masukkan passcode Anda untuk melanjutkan. Setelah masuk, gulir ke bawah dan matikan Siri di bawah “Allow Access When Locked” . (Ini juga akan menonaktifkan kontrol Voice Dial.)

Kemudian untuk menonaktifkan Siri sama sekali. Arahkan ke menu General di Settings, lalu pilih opsi Siri. (Di iOS 10, Siri memiliki menu sendiri di menu Settings , jadi Anda tidak perlu mengarah ke General terlebih dahulu.) Dari sini, matikan fitur ini dengan menggunakan sakelar/switch di bagian atas layar, lalu tekan “Turn Off Siri “saat diminta.

  1. Penerapan Triple-Click

Sampai saat ini, saya hanya membahas tip yang melibatkan penghapusan atau pelambatan fungsi tombol di rumah untuk mempermudah penyederhanaan. Tapi Anda benar-benar dapat menambahkan fungsionalitas ke tombol ini dengan memberi isyarat tiga klik atau triple-click. Tidak seperti Siri dan Reachability, cukup sulit untuk memicu secara tidak sengaja, jadi ini adalah sesuatu yang mungkin ingin Anda pertimbangkan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, Buka menu Aksesibilitas di Settings lagi, lalu gulir ke bawah ke bawah dan pilih Accessibility Shortcut. Dari sini, pilih opsi yang tersedia, dan mulai sekarang, tindakan itu akan dipicu saat Anda mengeklik tombol Home tiga kali berturut-turut.

  1. On-Screen Controls dengan AssistiveTouch

Jika Anda masih tidak senang dengan tombol Home iPhone Anda, atau jika mungkin sedang rusak atau buggy. Anda mungkin ingin mencoba cara baru untuk berinteraksi dengan perangkat Anda. Alih-alih menggunakan tombol mekanis untuk melakukan segalanya, fitur yang disebut AssistiveTouch memungkinkan Anda mengendalikan iPhone dengan tombol di layar.

Untuk mengaktifkan opsi ini, mulailah dengan menuju ke entri “AssistiveTouch” di menu Aksesibilitas iPhone Anda. Gunakan toggle up top untuk mengaktifkan fitur ini, lalu tombol kecil semi transparan akan muncul. Ketuk tombol ini, dan akan diperluas untuk menampilkan beberapa kontrol lagi seperti Home, Siri, dan Control Center. Lebih baik lagi, Anda dapat menambahkan atau menghapus tindakan dari menu pop-up ini dengan menggunakan opsi “Customize Top Level Menu” pada menu pengaturan AssistiveTouch.

You May Also Like