Cara Mengaktifkan Mode Malam (Night Shift Mode) di iOS 11

Diposting pada

Fitur ini sangat sederhana dan mudah diterapkan di iOS 10, dimana fungsi ini memungkinkan Anda untuk dapat mengalihkan tampilan iPhone Anda ke warna yang lebih hangat atau mengubah dominan kecerahan putih menjadi orange.

Fitur sangat bagus untuk meningkatkan daya tahan baterai dan menjaga stabilitas retina mata Anda disaat kondisi ruangan gelap. Namun di iOS 11, fitur ¬†“Night Shift” ini disembunyikan kedalam pengaturan yang nyaris tak ditemukan.

Ketika Apple meluncurkan mode Night Shift pada iPhone di iOS 9.3. Mereka membuatnya sangat mudah di aktifkan, hanya dengan toggle kecil ke Control Center bersamaan dengan opsi senter, kalkulator, kamera, dan timer.  Jadi kemungkian, sebagian pesar pengguna iOS sebelum iOS 11, mengenali fitur ini walaupun tidak tahu fungsinya.

Nah, di iOS 10, untuk menekankan fitur ini, Apple menambahkan tombol itu ke barisnya sendiri di Control Center dan bahkan menulis “Night Shift” dengan huruf besar untuk kejelasan. Itu benar-benar tombol terbesar di Control Center.

Jadi Anda tidak mungkin tidak memperhatikannya. Kecuali Anda tidak pernah menggunakan Control Center selama mengunakan iPhone Anda.

Sekarang semua orang terbiasa dengan mode Night Shift yang dapat menyesuaikan tampilan pada iPhone Anda dengan warna yang lebih hangat dan sehat kapan pun Anda mau (sangat berguna di malam hari).

Namun, Apple tampaknya telah menurunkan derajatnya dari Control Center. Sekilas, sepertinya mereka menghilangkan tombol Mode malam (Night Shift Mode) sama sekali di iOS 11. Tapi nyatanya fungsi ini masih tersedia, hanya saja fitur ini bersembunyi di bawah pengaturan Display Brightness dan Slider Kecerahan di Control Center.

Mengaktifkan Night Shift Mode di iOS 11

Untuk mengakses dan mengaktifkan Night Shift di iOS 11, buka Control Center (Slide dari bawah ke atas layar). Kemudian Sentuh dua kali tekanan (3D Touch) pada slider kecerahan. Jika Anda tidak memiliki iPhone yang mendukung Touch 3D, cukup tekan lama pada slider kecerahan dari control center. Slider akan melebar ke layar penuh, dan di bawahnya akan ada tombol “Night Shift”.

Selain itu Anda juga bisa menemukannya melalui pengaturan Settings -> Display Brightness -> Night Shift. Namun ini mungkin agak repot untuk dilakukan sesering mungkin. Jadi itu tergantung dari kebutuhan dan kemauan Anda sendiri.

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan. Jika Anda masih bingung mengenai penerapan atau uraian pada artikel kali ini. Maka silahkan saja tinggalkan tanggapan Anda melalui kolom komentar yang tersedia.