Kuda Laut, Pembunuh Paling Mematikan Di Bumi

Kuda laut
Kuda laut
Kuda laut setelah menangkap mangsa, gambar ini diambil dari video. (Credit: DNews)

Bhataramedia.com – Mungkin Anda pernah mendengar tentang keganasan Great Whites (Hiu Putih), Giant Squid (Cumi-cumi raksasa), Carpet viper (sejenis ular berbisa) atau bahkan buaya air asin. Namun tahukah Anda bahwa hewan tersebut bukanlah “pembunuh paling efisien” di planet ini. Menurut Discovery Channel’s Dnews, tak satu pun dari hewan tersebut yang mampu melakukan “penyerangan tanpa ampun” seperti yang dilakukan oleh Kuda Laut. Kuda Laut yang tampaknya mungil dan lucu ternyata mampu menangkap dan menelan 90% dari mangsanya, sebagai perbandingan “Great Whites” hanya mampu menelan 50% dari mangsanya. Mengapa Kuda Laut sangat mematikan ?

Seperti dilansir Indian Country Today Media Network (2/1/2014), Tim peneliti dari University of Texas Marine Science Institute di Port Arkansas, Texas, menggunakan laser-infused high speed cameras untuk meneliti proses pemangsaan oleh Kuda Laut. Berdasarkan pengamatan tersebut, Kuda Laut ternyata menyerang mangsanya (Copepods) secara diam-diam, tidak terlihat oleh mangsanya sampai Kuda Laut benar-benar menelan mangsanya. Menurut para peneliti, kepala Kuda Laut mempunyai bentuk unik yang sangat mendukung efektifitas proses pemangsaan yaitu dengan cara menyedot mangsanya di dalam air.

Pada umumnya, hewan predator akan memasukkan tubuhnya ke dalam air sehingga menimbulkan vibrasi dalam air, hal ini menjadi sinyal bahaya bagi mangsa di sekitarnya. Mangsa, misalnya: Copepod, mampu merasakan vibrasi dalam air sebagai tanda datangnya predator sehingga mereka akan menyelamatkan diri sebelum predator memangsanya. Sedangkan pada Kuda Laut, cuping hidungnya (nostril) yang cukup panjang mampu mencegah vibrasi dalam air sampai mangsa benar-benar ditelannya. Proses pemangsaan oleh Kuda Laut terjadi tanpa disadari oleh mangsanya dan berlangsung secara cepat sehingga mangsa tidak mampu melarikan diri.

You May Also Like