Chipset XMM 6321, Hasil Kerjasama Intel dan Rockchip

Chipset XMM 6321

Bhataramedia.com – Rockchip merupakan produsen chipset yang berasal dari China dan processor buatannya sudah banyak dipasang pada tablet dari berbagai vendor China. Meskipun namanya masih terdengar asing di telinga, namun di dunia tablet processor Rockchip selalu menjadi andalan sebagian besar vendor dibanding MediaTek. Menariknya lagi sebagian besar tablet yang memakai processor Rockchip dibanderol cukup murah.

Nah baru-baru ini Intel dan Rokchip telah melakukan kerjasama untuk mengembangkan processor terbaru dan lagi-lagi ditunjukan untuk perangkat terjangkau seperti smartphone ataupun tablet. Hasilnya kedua produsen tersebut berhasil membuat chipset XMM 6321. Di dalam chipset tersebut terdapat sebuah processor XG632 Dual-Core Cortex-A5, tidak heran bakal diadopsi perangkat terjangkau.

Mengingat processor Cortex-A5 sudah mulai ditinggalkan oleh Qualcomm dan MediaTek. Justru MediaTek mengandalkan processor Cortex-A7 untuk diadopsi tablet atau smartphone terjangkau, sayang memiliki kelemahan pada GPS. Nah berbeda dengan chipset XMM 6321 yang didalamnya dibekali juga chip AG620 dan memuat fungsi Wi-Fi, Bluetooth, GPS/GLONASS dan yang lainnya. Tentunya dengan fungsi GPS/GLONASS membuat keakuratan chipset XMM 6321 Cortex-A5 lebih baik dibanding MediaTek Cortex-A7.

Dilansir dari Liliputing, Charbax melaporkan bahwa chipset XMM 6321 akan menjadi andalan smartphone dengan kisaran harga Rp 300 ribuan dan tablet dengan harga Rp 400 ribuan. Sayang belum diketahui kapan chipset tersebut akan digunakan oleh smartphone atau tablet vendor China.

You May Also Like