Allwinner H8, Processor Octa-Core Untuk Perangkat TV Box Terjangkau

Allwinner

Bhataramedia.com – Allwinner terkenal sebagai pembuat chipset processor seperti halnya MediaTek. Namun produk-produk mereka lebih dikenal di negaranya sendiri, China. Biasanya juga processor-processor mereka lebih cocok digunakan oleh sebuah tablet, maka tidak heran kita sering menemukan tablet yang mengusung processor Allwinner terutama besutan Ainol.

Seperti halnya MediaTek, processor Allwinner juga paling sering digunakan oleha perangkat terjangkau. Nah baru-baru ini Allwinner meluncrkan processor terbaru yang lebih ditunjukan untuk perangkat TV Box dan konsol game. Allwinner sendiri pernah menjadi andalan produk psp tiruan yang mengusung sistem operasi Android yakni JXD S7800.

Bahkan sampai sekarang JXD S7800 tetap mampu memainkan game-game kelas berat dengan sangat lancar. Processor terbaru yang dikembangkan oleh Allwinner adalah Allwinner H8. Sebuah processor Octa-Core yang dibuat menggunakan teknologi pemrosesan 28nm agar bisa diadopsi perangkat TV Box dan konsol game terjangkau. Processor tersebut masih berbasis Cortex-A7, namun sudah dibekali GPU PowerVR SGX544 700MHz.

Dengan GPU tersebut, kini telah mendukung penuh play video full HD dengan kecepatan 60 fps. Allwinner H8 juga telah mendukung penggunaan HDMI, USB, Gigabit Ethernet serta 3 kontroler utk SD card. Menariknya lagi Allwinner membenamkan fitur baru pada processor tersebut yakni Integrated 8M image signal processor dan teknologi SmartColor sehingga dapat menampilkan gambar dan efek visual yang lebih nyata.

You May Also Like