Pemakaian Dompet Digital Semakin Meluas, Anda Tidak Tertarik?

Pemakaian Dompet Digital Semakin Meluas, Anda Tidak Tertarik?

BHATARAMEDIA.COM – Pemakaian Dompet Digital Semakin Meluas, Anda Tidak Tertarik? Dompet Digital atau E-Wallet adalah istilah yang sedang tren belakangan ini. E-Wallet merupakan solusi bertransaksi online non tunai. Seperti namanya, E-Wallet bertindak sebagai dompet elektronik, tidak ada wujud fisiknya, tapi anda bebas membeli apa saja sepanjang saldo masih mencukupi. Lalu, bagaimana proses transaksinya? Pada dompet konvensional / dompet fisik, uang berperan sebagai alat transaksi, sementara pada E-Wallet, uang tersebut adalah berupa deretan angka digital.

Untuk transaksinya sendiri, pengguna memerlukan Smartphone atau perangkat sejenis. Selanjutnya anda hanya perlu menginstal aplikasi agar transaksi bisa dilakukan. Bisa dibilang E-Wallet adalah kartu debit versi online. Anda perlu topup terlebih dahulu, baru bisa mempergunakannya untuk berbelanja. Jenis produk yang bisa dibeli dengan E-Wallet sangat beragam, termasuk makanan, tiket pesawat, produk fashion, dll.

E-Wallet bukan E-Money

Ada banyak miskonsepsi di masyarakat seputar E-Wallet dan E-Money. Meski keduanya terdengar mirip, namun faktanya mereka adalah entitas yang berbeda. E-Money sudah ada sejak tahun 2007, karakteristik utamanya adalah chip-based (berbasis chip). Jadi untuk bertransaksi dengan layanan ini, pelanggan akan memerlukan kartu. Beberapa layanan E-Money yang tersedia saat ini antara lain Flazz BCA, E-Money Mandiri, dan TapCash BNI.

Sementara itu, E-Wallet bisa dikategorikan sebagai uang digital, tapi penitikberatannya adalah pada server atau juga disebut server-based. Selain GO-PAY, jenis layanan yang masuk dalam kategori ini adalah OVO, dan DANA. Soal penggunaan, E-Money seringnya dipakai untuk membayar tol, transjakarta, commuterline, dan pembelian produk di merchant tertentu. Sementara itu, E-Wallet bisa dipakai untuk membayar berbagai jenis tagihan, membeli pulsa, dan produk di merchant online maupun offline.

Keuntungan

Tentu ada alasan mengapa orang lebih suka berbelanja dengan E-Wallet ketimbang payment processor lain. Berikut ini adalah beberapa yang paling sering orang kemukakan:

  • Efisiensi: dompet digital is all about efficiency. Tidak hanya efisiensi waktu, tapi juga tempat. Bayangkan seberapa banyak kartu yang harus dibawa jika tidak ada opsi pembayaran ini. Keberadaan E-Wallet mengurangi ketergantungan kita terhadap kartu. Prosesnya juga cepat, bagi anda yang sudah sering memakai dompet online, hanya perlu beberapa menit untuk meng-acc pembayaran atau pembelian produk.
  • Coverage yang luas: beberapa layanan dompet digital sudah bekerja sama dengan perusahaan besar sekelas Tokopedia dan Grab ID. Bisnis-bisnis lain seperti salon, kafe, dan restoran juga sudah banyak yang ikut bergabung. Ini artinya mau membayar apapun mudah asalkan merchant yang dituju sudah mendukung E-Wallet yang anda pakai.
  • Tranparansi: semua transaksi di E-Wallet tercatat otomatis oleh sistem, jadi semuanya sangat transparan.
  • Aman: keamanan data konsumen adalah segalanya bagi penyedia layanan dompet online. Jika tidak mampu menjaganya, mereka berpotensi kehilangan pelanggan setia. Maka dari itu, anda tidak usah ragu memakai jasa E-Wallet terutama yang sudah punya reputasi baik seperti GO-PAY dan OVO. Ada berbagai metode pengamanan yang biasanya diterapkan, diantaranya QR Code dan One-Time Password (OTP).

You May Also Like