Categories: Headlines

Senyawa Kimia Buah-Buahan Minimalkan Kerusakan Organ Setelah Serangan Jantung dan Stroke

Bhataramedia.com – Menurut penelitian terbaru, senyawa kimia alami yang ditemukan di dalam apel dan buah-buahan umum lainnya telah diidentifikasi dapat melindungi organ vital dari kerusakan jangka panjang setelah serangan jantung atau stroke.

Di dalam studi baru yang diterbitkan di jurnal Nature, para ilmuwan di Medical Research Council dan University of Cambridge mengatakan bahwa senyawa kimia tersebut dapat memberikan titik awal bagi pengembangan obat suntik baru untuk mencegah beberapa kerusakan jangka panjang yang disebabkan oleh penyakit kardiovaskular.

Selama Serangan Jantung atau stroke, gumpalan darah dapat membuat jantung dan otak kekurangan oksigen, sehingga menyebabkan kerusakan permanen. Kerusakan lebih lanjut dapat terjadi ketika gumpalan tersebut lepas dan menuju ke jantung atau otak.

Studi baru tersebut merupakan yang pertama kalinya menemukan bahwa kerusakan yang disebabkan oleh kembalinya aliran darah ini disebabkan oleh penumpukan zat kimia yang disebut suksinat. Suksinat terbentuk secara alami di dalam tubuh ketika gula dan lemak dipecah untuk melepaskan energi yang tersimpan di dalam makanan.

Related Post

Namun di dalam percobaan yang melibatkan tikus, para peneliti juga menemukan bahwa mereka dapat mengurangi kerusakan organ dengan pemberian senyawa kimia sederhana yang disebut ester malonat. Senyawa ini dapat kembali memulihkan aliran darah. Ester malonat murah, mudah tersedia dan ditemukan secara alami di dalam buah-buahan seperti apel, stroberi dan anggur.

Temuan ini juga dapat memiliki implikasi pada saat operasi, dimana transplantasi organ seperti ginjal, hati dan jantung menderita kerusakan setelah terhubung ke aliran darah pasien transplantasi.

“Penelitian ini menjelaskan bagaimana kerusakan organ terjadi selama beberapa menit pertama pemulihan suplai darah setelah serangan jantung atau stroke dan hal yang penting adalah bagaimana untuk menghentikan kerusakan ini,” kata peneliti Michael Murphy, M.D.

“Kami telah menggunakan senyawa kimia sederhana yang ditemukan di dalam buah-buahan sehari-hari seperti apel dan anggur. Senyawa ini sebelumnya sama sekali tidak pernah diduga dapat digunakan sebagai terapi. Hebatnya, senyawa kimia ini bekerja sangat baik,” lanjut Murphy, seperti dilansir University of Cambridge (05/11/2014).

Fuad Gandhi Rizal

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago