Vitamin D Mampu Cegah Serangan Asma

Asma

Bhataramedia.com – Sedikit sinar matahari ternyata baik untuk Anda, khususnya jika Anda menderita asma.

Hal tersebut merupakan hasil studi baru oleh peneliti dari Tel Aviv University yang menunjukkan bahwa sedikit sinar matahari dapat meningkatkan vitamin D, sehingga dapat membantu mencegah serangan asma.

Asma biasanya diatasi dengan obat-obatan dan dengan menghindari alergen dan pemicu lainnya. Namun studi baru menunjukkan bahwa penderita asma yang kekurangan vitamin D, 25 persen lebih mungkin mengalami serangan asma akut. Sedikit sinar matahari dapat mengatasi masalah tersebut.

Penelitian yang diterbitkan di jurnal Allergy tersebut dilakukan oleh Ronit Confino-Cohen, M.D., dari TAU Sackler Faculty of Medicine. Penelitian ini berdasarkan review dari jutaan catatan pasien dan diagnosa dokter dari kasus asma.

“Vitamin D memiliki efek imunomodulator yang signifikan dan dengan demikian, diyakini memiliki efek pada asma yang merupakan penyakit imunologi,” kata Dr. Ronit, seperti dilansir American Friends of Tel Aviv University (28/10/2014).

“Hasil kami menambah bukti hubungan antara vitamin D dan asma, serta menunjukkan efek menguntungkan dari vitamin D pada asma. Kami berharap penelitian prospektif lebih lanjut akan mendukung hasil kami. Sementara itu, hasil penelitian kami mendukung rekomendasi untuk skrining tingkat vitamin D di dalam subkelompok pasien asma yang mengalami eksaserbasi (memburuknya) asma secara berulang. Pada mereka dengan defisiensi vitamin D, suplemen kemungkinan diperlukan,” jelas Dr. Ronit.

You May Also Like