WHO : Kematian Akibat Virus Ebola di Afrika Barat Hampir Capai Angka 4.500

petugas kesehatan virus Ebola

Bhataramedia.com – Sebanyak 4.493 orang telah meninggal akibat wabah Ebola terburuk yang dialami dunia saat ini. Berdasarkan pernyataan WHO pada hari Rabu (15/10/2014), situasi di Guinea, Liberia dan Sierra Leone semakin memburuk.

WHO menyatakan bahwa sebanyak 8.997 konfirmasi dan kemungkinan dugaan kasus Ebola telah dilaporkan di tujuh negara pada 12 Oktober, dengan sebagian besar kasus terjadi di tiga negara Afrika Barat.

Menurut WHO, di Spanyol dan Amerika Serikat, beberapa petugas layanan kesehatan terjangkit, sementara Senegal dan Nigeria tampaknya telah dapat mencegah penyebaran lebih lanjut dari penyakit ini.

Berdasarkan laporan dari WHO, jelas bahwa situasi di Guinea, Liberia dan Sierra Leone memburuk, dimana terjadi transmisi Ebola yang luas dan terus-menerus.

Di Guinea, 843 orang telah meninggal karena penyakit ini dan peningkatan kasus baru didorong oleh lonjakan infeksi di ibukota pesisir Conakry dan distrik terdekat dari Coyah.

Di Liberia, badan kesehatan PBB mengatakan bahwa masalah dengan pengumpulan data membuatnya sulit untuk menarik kesimpulan mengenai evolusi epidemi, dengan jumlah kasus di ibukota Monrovia secara signifikan hampir pasti kurang dilaporkan.

Amerika Serikat menyebarkan hingga 4.000 tentara ke Afrika Barat untuk membantu membendung wabah Ebola dengan sebagian besar upaya penargetan di Liberia.

Menurut Ben Hemingway, pemimpin tim USAID Disaster Assistance Response di Liberia, mereka sedang membangun 17 Ebola Treatment Units (ETUs) di seluruh negeri, tugas yang harus selesai pada akhir tahun ini. “Enam unit tersebut sudah dibangun dan berjalan,” katanya.

“Kami melihat ETU sebagai sistem rujukan, tetapi juga akan ada pusat perawatan masyarakat yang didirikan di seluruh kabupaten. Idenya adalah bahwa Anda akan mendapatkan perawatan lebih dekat ke rumah sehingga jika Anda dikonfirmasi dengan Ebola Anda akan dapat dipindahkan ke unit (ETU) untuk perawatan yang lebih intensif di sana,” kata Hemingway, seperti dilansir News Daily (16/10/2014).

“Hampir setengah dari semua kematian di dalam wabah terbaru terjadi di Liberia. Namun, jumlah kasus tampaknya menurun di bagian utara Lofa county Liberia, mantan episentrum wabah di perbatasan dengan Guinea,” katanya.

WHO menyatakan bahwa di Sierra Leone, penularan penyakit tersebut merajalela dengan 425 kasus baru antara 6 Oktober dan 12 Oktober. Ibukota Freetown dan distrik-distrik tetangga dari Distrik Bombali dan Pelabuhan Loko merupakan wilayah yang paling terkena dampak.

You May Also Like