EcoVerde Gunakan Bakteri Untuk Hilangkan Bau Air Limbah

air limbah

Bhataramedia.com – Perusahaan bernama EcoVerde yang dimiliki oleh orang meksiko bernama Humberto Uribe Luis Lobo, telah merancang sistem penyaringan baru yang menghilangkan bau dan polutan lainnya dari air limbah melalui proses biologi. Proses tersebut menggunakan bakteri yang “memakan” hidrogen sulfida, zat yang memiliki bau seperti telur busuk. Teknologi ini lebih ramah lingkungan daripada yang sudah ada di pasar, karena tidak menggunakan bahan kimia atau bahan habis pakai seperti karbon aktif.

EcoVerde merupakan salah satu perusahaan di Amerika Serikat yang telah menjadi salah satu perusahaan ahli di dalam bidang menghilangkan bau.

Udara diekstrak dari limbah atau air limbah industri dan dikirim ke sistem yang disebut bioscrubber EG. DI dalam sistem tersebut ada mekanisme yang menguapkan dan mengarahkan kontaminan (amonia, merkaptan dan hidrogen sulfida) yang menyebabkan bau ke filter yang mengandung bakteri untuk menghilangkan zat-zat tersebut.

“Bioscrubber EG terdiri atas filter yang tidak terdegradasi  di mana kami menempatkan berbagai jenis bakteri yang dipilih, tergantung pada aplikasi dan kontaminan. Penghapusan polutan terjadi melalui proses oksidasi alami. Bau akan dikonsumsi oleh mikroorganisme, sehingga semakin udara mengandung polusi, akan ada lebih banyak makanan untuk bakteri tanpa menambahkan biaya apapun,” kata Uribe Lobo.

Beberapa bakteri autotrofik digunakan oleh EcoVerde (termasuk Theobacilus) untuk menghilangkan hidrogen sulfida dan metana, sedangkan bakteri heterotrofik digunakan untuk menghilangkan VOC (volatile organic compounds/ senyawa organik yang mudah menguap).

“Sebagai bagian dari instalasi bioscrubber, filter diinokulasi dengan campuran bakteri selama tiga hari pertama. Ketika udara yang terkontaminasi melewati ekstraktor, udara tersebut akan mencapai filter tempat bakteri penghilang bau berada,” kata Uribe Lobo, seperti dilansir Alphagalileo (25/8/2014).

EcoVerde pada awalnya dimulai di Amerika Serikat. Perusahaan ini berhasil memposisikan diri sebagai penyedia jasa penghilang bau pada air limbah limbah sesuai dengan peraturan di Amerika Serikat.

Luis Uribe mengatakan bahwa tujuan menggunakan teknologi ini di Meksiko adalah untuk memberikan manfaat kepada masyarakat di sekitar limbah pabrik dan memenuhi “Standar Resmi Meksiko NOM-010-STPS-1999” yang menyatakan mengenai kondisi kesehatan dan keselamatan di tempat kerja di mana polutan kimia diproses.

Meskipun EcoVerde berada di Amerika Serikat, perusahaan ini telah berhasil memperluas layanan ke Meksiko dan sudah memiliki pelanggan.

You May Also Like