Categories: Headlines

Hepatitis C Lebih Prevalen Daripada Ebola dan HIV/AIDS Di Afrika Barat

Bhataramedia.com – Lebih dari 180 juta orang di dunia menderita hepatitis C, dibandingkan dengan 34 juta penderita HIV / AIDS dan sekitar 30.000 mengidap Ebola. Namun sangat sedikit yang mendengar tentang virus hepatitis C (HCV) di kampanye kesadaran, pendanaan penelitian atau pengumpulan dana dari selebriti.

Salah satu daerah global yang sangat dipengaruhi oleh hepatitis C adalah Afrika Barat. Di negara maju, hepatitis C, penyakit melalui darah, ditularkan melalui intravena (IV) penggunaan narkoba.

“Di Afrika Barat, kami percaya bahwa ada banyak mode transmisi dan transmisi ini tidak melalui penggunaan narkoba IV, tetapi melalui praktek-praktek budaya dan setiap hari,” kata Jennifer Layden, MD, PhD peneliti utama pada studi baru ini diterbitkan dalam jurnal Clinical Infectious Penyakit . “Dalam penelitian ini, tribal scarring, rumah bersalin dan rumah tradisional sebagai lawan prosedur khitan berbasis rumah sakit, dikaitkan dengan infeksi hepatitis C di Ghana.” Tambahnya seperti dilansir Loyola University Health System (5/2/2015).

Penelitian ini dilakukan oleh HepNet, sebuah kelompok multidisiplin internasional dokter dan ilmuwan. “Temuan penting lainnya adalah bahwa persentase yang tinggi dari orang-orang yang dinyatakan positif HCV memiliki bukti infeksi aktif,” kata Layden. “Ini menggambarkan kebutuhan untuk perawatan.” Tambahnya.

Layden juga mengatakan bahwa menemukan sumber penyakit dan populasi sasaran akan membantu dalam langkah berikutnya dari penelitian, yaitu bagaimana melindungi dan mencegah penyakit di Ghana.

Sebelumnya, Dr. Layden dan rekannya dari Loyola’s Department of Public Health Sciences menyelenggarakan pertemuan HepNet perdana pada 12 Agustus dan 13, 2013, di Kumasi, Ghana. Loyola University adalah peneliti utama dalam penelitian HepNet, dengan kolaborasi dari Komfo Anokye Teaching Hospital in Ghana, Centers for Disease Control dan Universitas Johns Hopkins. Studi ini adalah penelitian pertama kali yang diterbitkan dari kelompok HepNet.

Teaching Hospital adalah rumah sakit yang menyediakan pendidikan klinis dan pelatihan dokter, perawat, dan profesional kesehatan lainnya, untuk masa kini dan masa yang akan datang , selain untuk memberikan perawatan medis kepada pasien.

“Ini adalah studi kecil yang dilakukan di bank darah di Teaching Hospital di Ghana,” kata Layden. “Kami sekarang telah memperluas penelitian untuk menguji lebih dari 5.000 orang di Ghana. Tujuannya adalah untuk lebih memahami siapa yang terkena hepatitis C dan mengidentifikasi spesifik langkah-langkah berikutnya dalam intervensi dan pencegahan.” Tambahnya.

Related Post

“Hep. C adalah penyakit kronis dan menyebabkan penyakit hati kronis, kanker hati dan sirosis,” kata Layden. “Secara keseluruhan, laju di seluruh dunia untuk kanker hati terus meningkat, padahal banyak kanker lainnya mengalami laju pada penurunan atau stabil.”

Layden mengatakan bahwa studi ini menawarkan harapan untuk Afrika Barat.

Penelitian serupa telah dilakukan di Mesir, negara dengan tingkat infeksi hepatitis C.

“Penelitian tersebut membantu untuk memperhatikan laju infeksi yang meluas dan mendapatkan hasilnya dimana pengidap infeksi segera mendapatkan perawatan medis di Mesir secara terjangkau,” kata Layden.

“Kami di HepNet berharap studi kami akan melakukan hal yang sama di Ghana dan negara-negara Afrika Barat lainnya.” Pungkasnya.

Referensi Jurnal :

J. E. Layden, R. O. Phillips, S. Owusu-Ofori, F. S. Sarfo, S. Kliethermes, N. Mora, D. Owusu, K. Nelson, O. Opare-Sem, L. Dugas, A. Luke, D. Shoham, J. C. Forbi, Y. E. Khudyakov, R. S. Cooper. High Frequency of Active HCV Infection Among Seropositive Cases in West Africa and Evidence for Multiple Transmission Pathways. Clinical Infectious Diseases, 2014; DOI: 10.1093/cid/ciu965.

Fuad Gandhi Rizal

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago