Cara Mengeluarkan Peserta Zoom

Cara Mengeluarkan Peserta Zoom

Bhataramedia.com – Cara Mengeluarkan Peserta Zoom – Zoom merupakan aplikasi komunikasi dengan menggunakan video. Aplikasi tersebut dapat digunakan dalam berbagai perangkat seluler, desktop, hingga telepon dan sistem ruang.

Belakang ini warganet sedang hangat membahas tentang zoombombing. Istilah Zoombombing mengacu pada kejahatan yang dilakukan orang-orang dengan memanfaatkan fitur screen sharing di Zoom.

Mereka tanpa seijin host (penggagas meeting) mengumbar video atau gambar tak senonoh, menyampaikan pesan-pesan negatif seperti hoaks, kebencian, rasis, hingga ancaman.

Kejadian zoombombing paling baru terjadi saat rapat Dewan Teknologi Informasi dan Komunikasi Nasional (Wantiknas) beberapa waktu lalu.

Hal ini tentu saja bisa diatasi, kendali keamanan zoombombing berada di tangan host itu sendiri. Ada beberapa tips yang bisa digunakan host untuk mencegah kejadian zoombombing.

Cara Mengeluarkan Peserta Zoom

Untuk cara mengeluarkan peserta zoom yang tidak anda undang anda bisa melakukan tips berikut ini:

Kunci rapat menghentikan pendatang baru untuk bergabung setelah semua orang yang Anda harapkan telah tiba. Untuk mengaktifkan fitur itu, klik tombol “kelola peserta” di bagian bawah jendela aplikasi Zoom, tekan “lebih” di panel peserta di dekat sudut kanan bawah jendela, dan pilih “kunci rapat.”

Tips Mencegah Zoombombing dan Mengamankan Meeting:

Update Aplikasi Zoom

Update lah aplikasi Zoom secara berkala, ini bertujuan agar jika ada kekurangan atau bug pada aplikasi tersebut akan diperbaiki oleh pihak developt Zoom.

Pastikan Hanya Host yang dapat Melakukan Screen Sharing

Jangan biarkan siapapun membajak layar selama panggilan Zoom. Untuk mencegahnya, pastikan pengaturan yang menunjukkan bahwa satu-satunya orang yang diizinkan berbagi layar adalah host.

Cara Mengeluarkan Peserta Zoom

Untuk cara mengaktifkan fitur ini adalah buka portal web Zoom (bukan aplikasi desktop) dan dalam pengaturan navigasikan ke Personal > Settings > In Meeting (Basic) dan cari opsi Screen sharing. Periksa opsi yang hanya dapat dibagikan oleh tuan rumah. Anda dapat mengaktifkan fitur ini sebelum meeting dimulai atau saat panggilan berlangsung.

Hal lainnya yang bisa anda terapkan untuk mengatasi zoombombing adalah:

  1. Gunakan Unique ID dan Kata Sandi (Password)
  2. Membuat Waiting Room
  3. Membuat Invite-Only Meeting
  4. Kunci Meeting Begitu Dimulai
  5. Mencegah Kiriman Animasi GIF dan File Lainnya di Chat
  6. Mengatur Siapa Saja yang Bisa Chatting.

Demikianlah artikel tentang Mengeluarkan Peserta serta tips Mencegah Zoombombing pada aplikasi Zoom. Semoga bermanfaat.

You May Also Like