Lukisan Berusia 500 Tahun di Angkor Wat Ditemukan

Kompleks candi Angkor Wat.

Bhataramedia.com – Angkor Wat adalah salah satu monumen paling terkenal di dunia dan merupakan simbol nasional negara Kamboja.

Dibangun pada abad ke-12, Angkor Wat berada di pusat kota Angkor, yang merupakan ibukota Kekaisaran Khmer dari abad ke-9 sampai abad ke-15.

Noel Hidalgo Tan adalah seorang peneliti di Australian National University’s

Department of Archaeology and Natural History, telah menemukan lukisan yang tersembunyi di kompleks candi Angkor Wat saat dia bekerja sebagai relawan di sebuah situs penggalian arkeologi di Angkor Wat pada tahun 2010.

Lukisan gajah di dinding Angkor Wat
Lukisan gajah di dinding Angkor Wat. Asli (atas), gambar diperjelas (bawah). (Image credit: Noel Hidalgo Tan)

“Saya sedang berjalan melalui kuil pada saat istirahat makan siang dan saya melihat beberapa warna di dinding. Saya mengambil beberapa gambar, tetapi tidak berpikir jika hal tersebut akan menjadi sesuatu yang istimewa,” katanya, seperti dilansir Sci-News (5/6/2014).

Mr. Tan kembali ke Angkor Wat pada tahun 2012 untuk melakukan penyelidikan secara detail. Kali ini, dia bekerja sama dengan peneliti Kamboja, yaitu Im Sokrithy, Heng Than dan Khieu Chan.

Lukisan-lukisan tersebut sebagian besar telah memudar jika dilihat dengan mata telanjang. Lukisan-lukisan itu terletak di daerah yang gelap dari candi dan pada awalnya dianggap sebagai grafiti yang ditinggalkan oleh wisatawan yang pernah mengunjungi kuil.

Lukisan tersembunyi di Angkor Wat melukiskan adegan kehidupan. Asli (atas), gambar diperjelas (bawah)
Lukisan tersembunyi di Angkor Wat melukiskan adegan kehidupan. Asli (atas), gambar diperjelas (bawah). (Image credit: Noel Hidalgo Tan)

Namun, hal yang membuat Mr. Tan terkejut adalah banyak lukisan-lukisan tersebut menggambarkan rincian rumit mengenai kehidupan sehari-hari dan memiliki sedikit kemiripan dengan gambar grafiti lainnya yang telah didokumentasikan sebelumnya.

Menurut para peneliti, lukisan-lukisan tersebut tampaknya berasal dari abad ke-16 pada masa pemerintahan Raja Ang Chan. Raja Ang Chan pernah melakukan restorasi candi dari kuil Hindu Vishnavaite menjadi kuil Buddha Theravada.

Penemuan ini dilaporkan di jurnal Antiquity.

Referensi Jurnal :

Noel Hidalgo Tan et al. 2014. The hidden paintings of Angkor Wat. Antiquity, vol. 88, no. 340, pp. 549–565.

You May Also Like