Cara Orang Gravettian Berbagi Makanan 30.000 Tahun yang Lalu

mammoth

Bhataramedia.com – Para biogeologis telah menunjukkan bagaimana orang Gravettian berbagi makanan pada masa 30.000 tahun yang lalu.

“Předmostí” adalah situs prasejarah luar biasa yang terletak dekat Brno di Republik Ceko. Sekitar 30.000 tahun yang lalu, tempat tersebut dihuni oleh orang-orang dari pan-Eropa budaya Gravettian. Orang-orang ini menggunakan lebih dari 1000 tulang mammoth untuk membangun pemukiman mereka dan patung gading. Apakah orang-orang prasejarah ini mengumpulkan bahan baku yang berharga dari bangkai atau apakah mereka mendapatkannya dari berburu makanan? Pemukiman tersebut juga banyak memiliki fosil canidae, beberapa dari fosil tersebut memiliki karakteristik anjing Palaeolithic. Apakah hewan-hewan ini juga digunakan untuk membantu berburu mammoth?

Agar dapat menjawab dua pertanyaan tersebut, peneliti Tübingen, Hervé Bocherens dan tim internasional melakukan analisis isotop karbon dan nitrogen di dalam tulang fosil manusia dan hewan dari situs tersebut. Bekerja dengan peneliti dari Brno dan Brussels, para peneliti mampu untuk menguji apakah orang Gravettian dari Předmostí memakan daging mammoth dan bagaimana “anjing Palaeolithic” mengambil peran di dalamnya.

Mereka menemukan bahwa manusia mengkonsumsi mammoth dan di dalam jumlah besar. Karnivora lainnya, seperti beruang coklatdan serigala, juga memakan daging mammoth. Hal ini menunjukkan ketersediaan bangkai mammoth segar yang tinggi, kemungkinan besar ditinggalkan oleh pemburu manusia. Anehnya, anjing-anjing tersebut tidak menunjukkan konsumsi daging mammoth dengan tingkat yang tinggi, melainkan daging rusa. Situasi yang sama diamati pada populasi tradisional dari daerah utara, yang sering memberi makan anjing mereka dengan makanan yang mereka tidak suka. Hasil ini juga menunjukkan bahwa anjing-anjing tersebut dikendalikan dan kemungkinan digunakan sebagai pembantu transportasi.

Dilansir Universitaet Tübingen (24/11/2014), hasil penelitian baru tersebut memberikan bukti yang jelas bahwa mammoth merupakan komponen kunci dari kehidupan prasejarah di Eropa 30.000 tahun yang lalu dan pada masa itu anjing-anjing sudah ada untuk membantu.

You May Also Like