Cara Mengatur Brightness Windows 10

Diposting pada

Salah satu perubahan signifikan pada Windows 10 adalah langkah yang memungkinkan penggunanya untuk mengubah kecerahan atau brightness layar. Sampai saat ini, masih saja ada beberap pengguna Windows yang kesulitan menemukan pengaturan kecerahan layar ini.

Pada dasarnya untuk mengubah kecerahan  layar di Windows 10, itu tidaklah sulit. Hanya ada beberapa langkah yang berbeda, jika Anda sebelumnya adalah pengguna windows 8, 7 atau dibawahnya.

Untuk mengubah kecerahan layar ini, pengguna diberikan tombol slider yang memungkinkan untuk digeser sesuai tingkat kecerahan layar yang diinginkan. Tombol slider ini berada di pengaturan Display. Jadi Anda cukup mengarahkan pc windows Anda ke jendela tersebut.

Lebih jelasnya berikut adalah langkah-langkahnya:

Cara Mengubah Kecerahan Layar Windows 10

  1. Ketuk tombol “Start” ikon Windows
  2. kemudian arahkan ke “Settings” ikon roda gigi.
  3. Pilih “System” dan kemudian pilih “Display”
  4. Dibawah menu Birghtness and Colow, alihkan tombol slider yang bertuliskan “Change brightness”.
  5. Sesuaikan dengan tingkat kecerahan yang Anda inginkan.

Menonaktifkan Brightness Otomatis Windows 10

Beberapa perangkat komputer itu secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar yang berdasarkan kondisi cahaya. Untuk melihat apakah komputer Anda menggunakan fungsi ini, silahkan arahkan ke pengaturan Display, dan pada bagian menu “Brightness adn Color”, lihat dibawah menu “Change brightness automatically when lighting changes”.

Jika terdapat menu ini, silahkan Anda hilangkah centang di kolom sampingnya. Dengan begini komputer Akan menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan tingkat tombol slider yang Anda sesuaikan sebelumnya.

Catatan Penting:

Anda mungkin tidak melihat menu tombol slider “Change brightness” di komputer Anda atau Anda tetap tidak melihat perubahan. Ini bisa saja terjadi ketika Anda menggunakan perangkat layar monitor Eksternal.

Sehingga jika Anda mengalami hal ini, silahkan update driver Anda. Caranya ketik “Device Manager” dari kolom penelusuran “Start” menu windows. Kemudian buka jendela “Device Manager”. Lalu alihkan ke “Display Adapter”. Pilih display adapter yang Anda gunakan, kemudian pilih “Update driver” dan ikuti instruksi yang ditunjukan dilayar.

Penutup

Demikianlah yang dapat diuraikan pada artikel kali ini yang membahas tentang cara menyesuikan kecerahan layar pada computer windows 10. Selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah.