Cara Membuat Komputer Windows Mengeluarkan Suara Dari Microphone

Apakah Anda pernah berpikiran untuk membuat perangkat komputer windows menjadi sebuah speaker yang akan mengeluarkan suara dari microphone yang Anda hubungkan?

Jika, ya. Mungkin Artikel ini adalah solusinya. Namun disini, Anda bahkan tidak perlu mikrofon profesional, melainkan Anda cukup menggunakan earphone atau headset untuk input suara.

Intinya, Komputer Anda akan dijadikan selayaknya sebuah amplifier atau speaker dari suara yang dihasilkan oleh mikrofon itu sendiri.

Penerapan ini didasarkan dari fungsi playback yang terdapat di pengaturan audio windows. Sehingga suara yang ditangkap dari microphone akan saat itu juga diplayback dari speaker komputer.

Sebelum itu, pastikan bahwa perangkat komputer Anda memiliki output volume speaker internal yang cukup besar. Sehingga suara yang dihasilka benar-benar selayaknya sebuah speaker pada umumnya.

Lebih lanjut, silahkan menyimak penerapan dibawah ini:

Cara Menghubungkan Mikrofon ke Komputer Windows

Anda mungkin hanya perlu sebuah perangkat earphone/headphone/headset yang diperankan sebagai mikrofon. Namun, jika Anda memiliki perangkat mikrofon, itu mungkin lebih baik. Tapi Anda mungkin perlu perangkat jack adaptor dari 6.35 ke 3.5 untuk memungkinkan mikrofon profesional Anda dapat dihubungkan ke komputer.

1. Pertama Anda hanya perlu menghubungkan mikrofon atau headset Anda ke komputer Windows melalui lubang jack audio yang tersedia.

2. Di komputer windows Anda, klik kanan ikon “Speakers” di bagian Toolbar Windows, kemudian pilih “Playback Devices”. seperti gambar dibawah.

3. Selanjutnya, sesuaikan perangkat mikrofon yang Anda gunakan, Set Default “Microphone”.

4. Klik kanan “Micrphone” yang Anda tuju untuk digunakan. Kemudian klik “Properties”.

5. Alihkan ke Tab “Listen”

6. Centang pilihan “Listen to this Devices”. Selanjutnya klik Apply atau OK untuk menerapkannya.

7. Sesuaikan sensitifas tangkapan suara mikrofon Anda dengan menyesuaikan pilihan “Microphone” dari tab “Levels”. Semakin besar, maka semakin sensitif audio yang di tangkap mikrofon Anda.

8. Anda juga dapat menyesuaikan Boost suara yang ada dipengaturan playback dengan menyesuaikan slider yang tersedia.

9. Uji coba mikrofon Anda. Jika Anda menggunakan Headset yang tidak memiliki fungsi input mic. Input suara bisa diterima dari earset sebelah kanan atau kiri.

Mungkin itu saja yang dapat disampaikan. Selebihnya jika ada yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan melalui kolom komentar yang tersedia dibawah.

You May Also Like