Lifestyle

Olahraga Perlambat Penuaan Otak Sebesar 10 Tahun Pada Orang Tua

Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Olahraga pada orang tua dikaitkan dengan tingkat yang lebih lambat dari penurunan kemampuan berpikir yang terjadi seiring penuaan. Orang-orang yang melaporkan melakukan olahraga ringan hingga tidak sama sekali mengalami penurunan setara 10 tahun lebih penuaan, dibandingkan dengan orang yang melaporkan melakukan olahraga moderat hingga intens. Hal ini menurut sebuah studi observasional berbasis populasi yang diterbitkan 23 Maret 2016, di edisi online Neurology®, jurnal medis dari American Academy of Neurology.

“Jumlah orang yang berusia di atas 65 di Amerika Serikat terus meningkat, berarti beban kesehatan masyarakat mengenai masalah berpikir dan memori kemungkinan akan tumbuh,” kata penulis studi Clinton B. Wright, M.D, M.S., dari Universitas Miami di Miami, Florida., dan anggota American Academy of Neurology. “Penelitian kami menunjukkan bahwa untuk orang tua, berolahraga secara teratur dapat melindungi dan membantu menjaga kemampuan kognitif mereka lagi.”

Pada penelitian ini, peneliti melihat data dari 876 orang yang terdaftar dalam Northern Manhattan Study, yang ditanya seberapa lama dan seberapa sering mereka melakukan olahraga selama dua minggu sebelum tanggal tersebut. Rata-rata tujuh tahun kemudian, setiap orang diberi tes memori dan kemampuan berpikir dan dilakukan MRI otak. Lima tahun setelah itu mereka mengambil tes memori dan berpikir lagi.

Di dalam kelompok, 90 persen melaporkan melakukan olahraga ringan atau tidak sama sekali. Olahraga ringan dapat mencakup kegiatan seperti berjalan dan yoga. Mereka ditempatkan pada kelompok aktivitas rendah. Sisanya 10 persen dilaporkan melakukan olahraga sedang hingga intensitas tinggi, yang dapat mencakup kegiatan seperti lari, aerobik, atau senam. Mereka ditempatkan dalam kelompok aktivitas tinggi.

Ketika melihat orang-orang yang tidak memiliki tanda-tanda masalah memori dan berpikir pada awal penelitian, para peneliti menemukan bahwa mereka yang melaporkan tingkat aktivitas yang rendah menunjukkan penurunan yang lebih besar selama lima tahun dibandingkan dengan orang dengan tingkat aktivitas tinggi, pada tes seberapa cepat mereka dapat melakukan tugas-tugas sederhana dan berapa banyak kata-kata yang mereka ingat dari daftar. Perbedaannya adalah setara dengan 10 tahun penuaan. Perbedaannya juga tetap setelah peneliti menyesuaikan dengan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi kesehatan otak, seperti merokok, penggunaan alkohol, tekanan darah tinggi dan indeks massa tubuh.

Related Post

“Aktivitas fisik adalah pilihan yang menarik untuk mengurangi beban kerusakan kognitif pada kesehatan masyarakat karena biayanya rendah dan tidak mengganggu pengobatan,” kata Wright.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa olahranga sedang hingga intens dapat membantu orang tua menunda penuaan otak, tetapi penelitian lebih lanjut dari uji klinis acak yang membandingkan program latihan terhadap lebih banyak aktivitas menetap diperlukan untuk mengkonfirmasi hasil ini,”ungkap Wright, seperti dilansir American Academy of Neurology (23/03/2016).

Referensi Jurnal :

J. Z. Willey, H. Gardener, M. R. Caunca, Y. P. Moon, C. Dong, Y. K. Cheung, R. L. Sacco, M. S. V. Elkind, C. B. Wright. Leisure-time physical activity associates with cognitive decline: The Northern Manhattan Study. Neurology, 2016; DOI: 10.1212/WNL.0000000000002582.

Nur Insana Imaniar

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago