Environment

Mitigasi Gas Rumah Kaca Potensial dari Sektor Peternakan

Peternakan sapi.

Bhataramedia.com – Para ilmuwan telah menemukan bahwa sektor peternakan global dapat mempertahankan manfaat ekonomi dan sosial yang diberikan, sembari secara signifikan mengurangi emisi dan dengan demikian membantu memenuhi tantangan mitigasi global.

Sektor peternakan global mendukung 1,3 miliar produsen dan pengecer di seluruh dunia, dan merupakan kontributor ekonomi global yang signifikan. Analisis baru yang dipublikasikan di Nature Climate Change, memperkirakan bahwa sektor peternakan dapat berjumlah sampai setengah dari potensi mitigasi sektor pertanian, kehutanan dan penggunaan lahan sektor global, yang merupakan sumber terbesar kedua dari emisi global setelah sektor energi.

Penulis utama studi ini, Dr Mario Herrero, dari CSIRO mengatakan bahwa jumlah potensi mitigasi baru ini untuk sektor peternakan global merupakan analisis yang paling komprehensif hingga saat ini, karena mempertimbangkan persediaan dan permintaan. Temuan kuncinya adalah kita bisa mendapatkan potensi mitigasi terbaik dari sektor peternakan jika kita mengambil pandangan yang terintegrasi dari perubahan penggunaan lahan dan praktek. Perubahan ini juga mempertimbangkan seluruh sektor pertanian dan kehutanan, serta melihat pola diet dan bagaimana kita mengatasi kebutuhan nutrisi global.

“Sektor peternakan memiliki peran dalam diet sehat dan berkelanjutan dan sektor ini memiliki peran ekonomi dan sosial yang penting, terutama di negara-negara berkembang,” kata Dr. Herrero, seperti dilansir CSIRO Australia (22/03/2016).

“Kita perlu menyeimbangkan hasil kesehatan serta manfaat ekonomi dan sosial, sementara juga menangkap potensi mitigasi yang dapat ditawarkan sektor peternakan.”

Dr. Herrero mengatakan bahwa mengintensifkan produksi peternakan berkelanjutan adalah salah satu cara ini dapat dilakukan.

Related Post

“Kami telah menemukan bahwa ada sejumlah cara bahwa sektor peternakan dapat berkontribusi untuk mitigasi gas rumah kaca global,” katanya.

“Praktek pengelolaan baru seperti rotasi penggembalaan dan suplemen makanan dapat meningkatkan produksi ternak dan mengurangi emisi gas rumah kaca.”

“Kita perlu meningkatkan adopsi strategi yang berbeda dengan memastikan bahwa kita memiliki insentif yang tepat. Jika tepat dikelola dengan kerangka peraturan yang tepat, praktek-praktek ini juga dapat meningkatkan kesehatan lingkungan dan melebihi manfaat terhadap gas rumah kaca, misalnya melalui peningkatan penutupan tanah dan karbon tanah.”

Referensi Jurnal :

Mario Herrero, Benjamin Henderson, Petr Havlík, Philip K. Thornton, Richard T. Conant, Pete Smith, Stefan Wirsenius, Alexander N. Hristov, Pierre Gerber, Margaret Gill, Klaus Butterbach-Bahl, Hugo Valin, Tara Garnett, Elke Stehfest. Greenhouse gas mitigation potentials in the livestock sector. Nature Climate Change, 2016; DOI: 10.1038/nclimate2925.

Sudarmono Ahmad Tahir

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago