Categories: Headlines

Terlalu Banyak Garam Berkontribusi Pada Kerusakan Hati

Garam.

Bhataramedia.com – Penambahan garam dapat meningkatkan rasa di hampir setiap hidangan. Namun, telah diketahui bahwa terlalu banyak garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, kondisi yang berpotensi berbahaya jika tidak ditangani.

Saat ini, para ilmuwan melaporkan studi baru pada hewan yang menemukan bahwa diet tinggi garam mungkin juga berkontribusi terhadap kerusakan hati pada orang dewasa dan embrio yang sedang berkembang. Penelitian ini muncul di ACS ‘Journal of Agricultural and Food Chemistry.

Dilansir American Chemical Society (24/02/2016), tubuh kita membutuhkan garam dalam jumlah yang kecil. Pemerintah AS merekomendasikan satu sendok teh per hari jika Anda seorang dewasa yang sehat. Di antara fungsi lainnya, ion sodium (natrium) dari garam mengatur pergerakan air dalam tubuh dan melakukan impuls saraf.

Namun, kebanyakan orang Amerika makan terlalu banyak garam. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa selain tekanan darah tinggi, konsumsi sodium (natrium) yang berlebihan dapat merusak hati. Xuesong Yang dan rekan-rekannya ingin menjelajahi efek potensial ini pada tingkat sel.

Related Post

Para peneliti memberi tikus dewasa diet tinggi garam dan memapar embrio ayam pada lingkungan yang asin. Natrium yang berlebihan dikaitkan dengan sejumlah perubahan di hati hewan, termasuk sel-sel berbentuk aneh, peningkatan kematian sel dan penurunan proliferasi sel, yang dapat berkontribusi pada pengembangan fibrosis. Pada catatan yang positif, para peneliti menemukan bahwa mengobati sel-sel yang rusak dengan vitamin C tampaknya dapat melawan efek buruk dari kelebihan garam.

Referensi Jurnal :

Guang Wang, Cheung-kwan Yeung, Wing-Yan Wong, Nuan Zhang, Yi-fan Wei, Jing-li Zhang, Yu Yan, Ching-yee Wong, Jun-jie Tang, Manli Chuai, Kenneth Ka Ho Lee, Li-jing Wang, Xuesong Yang. Liver Fibrosis Can Be Induced by High Salt Intake through Excess Reactive Oxygen Species (ROS) Production. Journal of Agricultural and Food Chemistry, 2016; 64 (7): 1610 DOI: 10.1021/acs.jafc.5b05897.

Nur Insana Imaniar

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago