Senyawa Pada Teh Hijau Blokir Rheumatoid Arthritis

teh hijau
teh hijau
Teh hijau.(Foto: Thinkstock)

Bhataramedia.com – Para peneliti Washington State University di Spokane, telah mengidentifikasi pendekatan baru yang potensial untuk memerangi nyeri peradangan dan kerusakan jaringan sendi yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis.

Penemuan mereka muncul di sampul Arthritis dan Rheumatology, sebuah jurnal dari American College of Rheumatology, di cetak Selasa 16 Februari.

Rheumatoid arthritis adalah gangguan autoimun yang kebanyakan mempengaruhi sendi kecil dari tangan dan kaki. Hal ini menyebabkan pembengkakan yang menyakitkan,  yang dapat berkembang menjadi kerusakan tulang rawan, erosi tulang dan deformitas sendi.

“Obat yang ada untuk rheumatoid arthritis mahal, imunosupresif dan kadang-kadang tidak cocok untuk penggunaan jangka panjang,” kata Salah-uddin Ahmed, pemimpin penelitian dari WSU.

Timnya mengevaluasi phytochemical yang disebut epigallocatechin-3-gallate (EGCG), yang merupakan molekul dengan sifat anti-inflamasi, yang ditemukan dalam teh hijau. Studi mereka menunjukkan bahwa EGCG memiliki potensi tinggi sebagai pengobatan untuk rheumatoid arthritis karena sangat efektif memblokir efek dari penyakit ini, tanpa menghalangi fungsi seluler lainnya.

“Studi ini telah membuka bidang penelitian menggunakan EGCG untuk menargetkan TAK1, sebuah protein signaling penting, melalui sitokin proinflamasi mengirimkan sinyal mereka untuk menyebabkan peradangan dan kerusakan jaringan pada rheumatoid arthritis,” kata Ahmed, seperti dilansir Washington State University (16/02/2016).

Para peneliti menegaskan temuan mereka pada model hewan pra-klinis rheumatoid arthritis manusia, di mana mereka mengamati bahwa pembengkakan pergelangan kaki pada hewan yang diberikan EGCG, secara signifikan berkurang selama 10 hari perawatan.

Ahmed telah memfokuskan penelitiannya pada studi yang berhubungan dengan rheumatoid arthritis selama 15 tahun terakhir.

Tim WSU, yang mencakup peneliti Anil Singh dan Sadiq Umar, telah mempelajari rheumatoid arthritis dan penyakit inflamasi lainnya di WSU College of Pharmacy, Spokane sejak 2014. Mereka bergabung dengan para peneliti dari National Institute of Pharmaceutical Education and Research di Hajipur, India , untuk proyek ini.

Referensi Jurnal :

Anil K. Singh, Sadiq Umar, Sharayah Riegsecker, Mukesh Chourasia, Salahuddin Ahmed. Regulation of Transforming Growth Factor β-Activated Kinase Activation by Epigallocatechin-3-Gallate in Rheumatoid Arthritis Synovial Fibroblasts: Suppression of K63-Linked Autoubiquitination of Tumor Necrosis Factor Receptor-Associated Factor 6. Arthritis & Rheumatology, 2016; 68 (2): 347 DOI: 10.1002/art.39447.

You May Also Like