Penemuan Teknologi Kaca Terbaru

peneliti, kaca
peneliti, kaca
Kenneth Chau (kiri) dan dan Loïc Markley (kanan) melapisi potongan-potongan kecil kaca dengan lapisan logam yang sangat tipis.(Credit: Matthew Grant, UBC)

Bhataramedia.com – Bayangkan jika jendela di ruang tamu Anda dapat berfungsi ganda sebagai termostat raksasa atau TV layar lebar. Sebuah penemuan oleh para peneliti di University of British Columbia telah membawa kita satu langkah lebih dekat untuk membuat hal ini menjadi kenyataan.

Para peneliti di kampus Okanagan UBC di Kelowna menemukan bahwa melapisi potongan-potongan kecil kaca dengan lapisan logam sangat tipis seperti perak memungkinkan untuk meningkatkan jumlah cahaya yang datang melalui kaca. Ditambah dengan fakta bahwa logam secara alami menghantarkan listrik, ada kemungkinan untuk menambahkan teknologi canggih pada kaca jendela dan benda-benda kaca lainnya.

“Para insinyur terus mencoba untuk memperluas ruang lingkup materi yang dapat mereka gunakan untuk teknologi layar, serta memiliki komponen tipis, murah, dan tembus pandang yang menghantarkan listrik akan sangat membuat terobosan,” kata UBC Associate Professor dan pemimpin proyek, ​​Kenneth Chau.

“Saya pikir salah satu implikasi paling penting dari penelitian ini adalah potensi untuk mengintegrasikan kemampuan elektronik ke jendela dan membuatnya menjadi cerdas,” lanjut Chau, seperti dilansir University of British Columbia (11/02/2016).

Chau menambahkan bahwa tahap selanjutnya dari penelitian ini  adalah mengaplikasikan penemuan mereka ke jendela dengan tujuan untuk secara selektif menyaring gelombang cahaya dan panas tergantung pada musim atau waktu.

Teori yang mendasari penelitian ini dikembangkan oleh Chau dan rekannya, Markley, asisten profesor teknik di UBC. Chau dan Markley mempertanyakan apa yang akan terjadi jika mereka membalikkan praktek menerapkan kaca di atas logam, metode yang biasa digunakan dalam pembuatan pelapis jendela hemat energi.

“Selama beberapa waktu, sudah dikenal bahwa Anda dapat meletakkan kaca pada logam untuk membuat logam lebih transparan, tapi orang-orang tidak pernah menempatkan logam di atas kaca untuk membuat kaca lebih transparan,” kata Markley.

“Sangat berkebalikan bahwa logam dapat digunakan untuk meningkatkan transmisi cahaya, tetapi kami melihat bahwa hal ini adalah benar-benar mungkin, dan percobaan kami adalah yang pertama membuktikannya.”

Referensi Jurnal :

Mohammed Al Shakhs, Lucian Augusto, Loïc Markley, Kenneth J. Chau. Boosting the Transparency of Thin Layers by Coatings of Opposing Susceptibility: How Metals Help See Through Dielectrics. Scientific Reports, 2016; 6: 20659 DOI: 10.1038/srep20659.

You May Also Like