Ketahui Jadwal Makan Bayi di Usia 6 Bulan

bayi, makan, bubur
bayi, makan, bubur
Ilustrasi.

Bhataramedia.com – Makanan untuk bayi memang tidaklah sama seperti makanan untuk orang dewasa. Bayi selama 6 bulan hanya mengkonsumsi susu, baik itu formula atau ASI. Akan tetapi ketika menginjak usia 6 bulan menuju satu tahun, bayi mulai diberikan makanan pendamping untuk membantu memenuhi kebutuhan gizinya. Makanan yang diberikan hanya sebagai pendamping dari ASI atau susu formula. Akan tetapi meskipun sebagai pendamping, jadwal untuk pemberian makanan ini serta jenis makanannya perlu diperhatikan.

Makanan pendamping ASI yang dirancang untuk anak ketika menginjak usia 6 bulan, naiknya dimulai dari makanan yang mengandung protein terlebih dahulu. Protein sangat diperlukan dalam rangka pertumbuhan zat besi untuk sang bayi. Setelah diperkenalkan dengan makanan yang mengandung protein, kemudian bisa diperkenalkan dengan makanan pendamping lain yang mempunyai karbohidrat, sayuran atau buah-buahan.

Disebut makanan pendamping, karena ASI ataupun susu formula tetap diberikan kepada sang bayi dan makanan yang disajikan hanya sebagai pelengkap dengan jadwal di luar dari pemberian asi. Adapun jadwal untuk pemberian MPASI yaitu bisa di mulai dari satu hari sekali sampai tiga hari sekali. Untuk bayi yang berusia 6 bulan, bisa dimulai dengan pemberian MPASI dua sampai tiga kali sehari. Sekali di pagi hari pada pukul 9-10 dan kemudian di sore hari satu kali pada jam 4 atau jam 5 sore. Bayi juga diberikan makanan selingan yang terbuat dari sari buah-buahan atau boleh juga dengan menggunakan pisang terus sebanyak satu atau dua kali sehari. Sedangkan ASI bisa diberikan pada malam harinya. Karena lambung bayi yang berusia 6 bulan belum terlalu besar, maka jumlah makanan yang diberikan harus dibatasi.

Pada saat bayi sudah mulai diberikan MPASI, ibu jangan lupa untuk tetap memberikan ASI sebagai makanan utama untuk memenuhi gizi sang bayi. Makanan bayi pada usia 6 bulan hendaklah memilih makanan yang mudah untuk dicerna, karena bayi pada usia ini belum memiliki gigi untuk mengunyah atau memotong makanan yang masuk. Selain itu, makanan yang keras juga akan mengganggu pada proses pencernaan sang bayi yang masih belum sempurna. Makanan untuk usia enam bulan ini akan berbeda dengan makanan yang disajikan untuk sang bayi pada usia 9 bulan. Sang ibu bisa mencari beberapa sumber untuk mengolah makanan MPASI agar bisa enak dan dinikmati oleh sang bayi. Sebagai salah satu contoh, ibu bisa membuat bubur dengan campuran air sari sayuran. Ibu bisa memulai dengan merebus beberapa sayuran, kemudian ambil air rebusan tersebut . setelahnya gunakan air dari sari sayuran tersebut dengan tepung beras untuk membuat bubur. Jika sudah mengental sampai menjadi bubur, ibu tinggal sajikan.

You May Also Like