Cuaca Amazon Memiliki Konsekuensi Iklim Global

Peta hutan hujan Amazon. (Photo: NASA)
Peta hutan hujan Amazon. (Photo: NASA)
Peta hutan hujan Amazon. (Photo: NASA)

Bhataramedia.com – Penelitian baru yang ditulis oleh para ilmuwan WHRC, Philip Duffy dan Paulo Brando, telah mengevaluasi akurasi model iklim saat ini dan menggunakannya untuk memproyeksikan kekeringan di masa depan dan periode basah di Amazon. Mereka menyimpulkan bahwa seluruh Amazon akan menghadapi hidrologi yang lebih ekstrem dan bahwa sebagian besar wilayah akan lebih sering mengalami kekeringan yang lebih sering dan luas. Perubahan ini akan memiliki implikasi yang mendalam untuk struktur hutan, komposisi, biomassa, dan emisi karbon.

Dilansir Woods Hole Research Center (12/10/2015), menurut Dr. Duffy, “Secara historis, sumber utama emisi CO2 dari hutan Amazon akibat tindakan manusia secara langsung, terutama deforestasi. Namun, di masa depan, perubahan iklim dapat menyebabkan emisi besar yang dihasilkan dari perubahan lingkungan skala besar, lebih dari dari tindakan manusia langsung, dan karenanya jauh lebih sulit untuk dikontrol. Penelitian yang didasarkan pada 35 model iklim ini, menunjukkan bahwa perubahan iklim di masa depan akan meningkatkan frekuensi dan tingkat geografis dari kekeringan di sebagian besar Amazon. Ini dapat menyebabkan degradasi hutan dan peningkatan emisi CO2 ke atmosfer, sehingga memperkuat pemanasan global.”

Selama tahun terakhir, Brasil telah mengalami kekeringan di Sao Paulo dan rekor banjir tertinggi di Acre dan Rodonia. Menunjukkan bahwa hidrologi ekstrem sudah mempengaruhi kehidupan jutaan orang di Brazil. Kondisi ekstrim ini diperkirakan akan menjadi lebih sering, menurut Dr. Brando, “Model iklim simulasi terbaik memprediksikan periode kekeringan dan kebasahan ekstrem di bagian yang berbeda dari Amazon dan musim kemarau yang lebih panjang. Kita tahu bahwa hasil ini penting untuk dinamika hutan, kebakaran hutan, produksi pangan;. transportasi sungai, pembangkit listrik tenaga air dan banjir. Namun, kami masih mencari betapa pentingnya mereka “.

Tim ilmuwan yang dipimpin oleh Dr. Duffy menganalisis sifat dari kekeringan baru-baru ini dan di masa depan dalam model iklim yang digunakan oleh Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) dan menemukan bahwa keduanya secara akurat mereproduksi mekanisme yang telah menghasilkan kekeringan di sepanjang sejarah.

Model tersebut memprediksi hasil yang berbeda di Amazon timur dan barat, kekeringan yang lebih sering kekeringan lebih sering terjadi di bagian di timur, sementara kurang sering terjadi kekeringan yang diperkiralakan terjadi di sebagian kecil dari wilayah yang terletak di barat. Secara kolektif, daerah Amazon yang terkena dampak kekeringan ringan dan berat, diperkirakan dua kali lipat dan tiga kali lipat, masing-masing pada tahun 2100 dan perkiraan peningkatan kebasahan setelah 2040. Meskipun ada ketidakpastian terkait dengan simulasi model jauh ke masa depan, tim menyimpulkan bahwa emisi  gas rumah kaca saat ini akan meningkatkan kemungkinan cuaca ekstrim yang akan berdampak negatif terhadap hutan Amazon.

Menurut Dr. Paulo Moutinho dari Amazon Environmental Research Institute (IPAM), “Melibihi implikasi untuk hutan Amazon yang terkait dengan perubahan iklim, penelitian penting ini merupakan peringatan yang jelas ke Brasil dan negara-negara lain. Konservasi hutan Amazon konservasi dalam skala besar, dapat mengurangi risiko keruntuhan hutan dan pertanian regional di masa depan.”

Woods Hole Research Center (WHRC) adalah sebuah lembaga penelitian independen di mana para ilmuwan menyelidiki penyebab dan dampak perubahan iklim untuk mengidentifikasi dan menerapkan peluang untuk konservasi, restorasi dan pembangunan ekonomi di seluruh dunia. Pada bulan Juni 2015, WHRC menduduki peringkat sebagai peringkat pertama lembaga iklim independen di dunia untuk dua tahun berturut-turut.

Referensi Jurnal :

Philip Duffy et al. Projections of future meteorological drought and wet periods in the Amazon. PNAS, October 2015 DOI: 10.1073/pnas.1421010112.

You May Also Like