Cara Membuat Android Mengeluarkan Suara Dari Komputer Dengan SoundWire

Diposting pada

Anda mungkin pernah berpikir untuk melakukan simulasi audio dari suatu perangkat ke perangkat lainnya tanpa perangkat tambahan atau hanya menggunakan software atau program yang dapat diinstall dengan mudah di perangkat komputer Anda.

Secara umum, perangkat simulasi audio sudah tersedia sangat banyak dan hampir semuanya telah mewakili kebutuhan-kebutuhan sound system yang dibutuhkan. Bahkan untuk transmisi audio dari ke perangkat manapun, itu bisa saja dilakukan dengan menggunakan perangkat tambahan yang dijual secara bebas.

Namun pada kasus disini, Anda mungkin untuk tidak ingin mengoceh rupiah lagi untuk membeli perangkat tambahan yang harganya bisa menguras isi dompet.

Untungnya ada satu aplikasi yaitu SoundWire yang memungkinkan Anda melakukan simulasi transmisi audio dari komputer ke smartphone Android atau sebaliknya hanya dengan menggunakan metode penjaringan yang disediakan oleh aplikasi.

SoundWire memungkinkan Anda untuk melakukan transmisi suara dengan menghubungkan kedua perangkat yaitu komputer ke android dengan bermacam metode seperti dengan menghubungkan ke jaringan wifi yang sama, usb, tethering atau Bluetooth dan berikut adalah bagian penerapannya:

Menghubungkan Dengan Wi-Fi Yang Sama

Metode ini mengharuskan perangkat Android dan PC Anda terhubung ke jaringan WiFi yang sama untuk dapat berjalan. Selain itu, Anda mungkin akan mengalami lambat/delay-nya transmisi audio yang dikeluarkan. Tapi ini tergantung kecepatan jaringan wifi dan perangkat Anda.

  1. Anda memerlukan aplikasi SoundWire yang terinstall di Android dan Windows Anda untuk metode ini. Jadi, unduh aplikasi dari Play Store dan unduh aplikasi server untuk di Windows-nya.
  • Android: Soundwire
  • Komputer: http://georgielabs.net/

Catatan: SoundWire tersedia untuk Windows 10/8/7 / XP, Linux dan Raspberry Pi.

  1. Setelah aplikasi terinstal pada masing-masing perangkat, buka software server SoundWire di Windows. Pada menu drop-down “Input Select ” pilih ” Default multimedia device”.
  2. Mainkan musik di PC Windows Anda, entah dari youtube, winamp atau apapun. Kemudian periksa software SoundWire dan periksa meter level dari Servernya, yang menunjukkan tingkat suara yang ditransmisikan ke perangkat Android Anda. Anda juga dapat meningkatkan atau mengurangi tingkat suara (Volume) yang sedang dikirim.
  3. Kemudian, buka aplikasi di Android dan atur Server menjadi “Auto locate” dan tekan tombol logo soundwire (bergambar kabel yang digulung) di tengah layar aplikasi di Android. Tombol yang menyala menunjukkan bahwa koneksi telah dilakukan. Perangkat Android Anda kemudian akan mulai memainkan musik yang diputar di PC Anda. Kabar baiknya adalah musik terus diputar meski Anda menyembunyikan aplikasi di belakang layar.

Catatan: Jika fitur “Auto locate” tidak berfungsi, Anda dapat memeriksa alamat server di software Server di Windows dan memasukkannya secara manual ke aplikasi Android untuk membuat sambungan.

Dalam bebebrapa kasus, software server tidak menampilkan alamat server, maka buka ke command prompt/CMD di komputer Anda dan ketik “ipconfig” dan tekan enter untuk melihat alamat IPv4 koneksi Anda. Setelah Anda memasukkan alamat server, aplikasi akan menyimpannya dan Anda dapat menemukannya di riwayat server.

Menggunakan USB, Bluetooth atau WiFi tethering

SoundWire juga memungkinkan Anda menggunakan perangkat Android Anda sebagai speaker PC dengan menghubungkan perangkat melalui USB, Bluetooth dan Tethring WiFi. Prosesnya sama untuk ketiga cara itu, jadi beginilah cara melakukannya:

1. Aktifkan Bluetooth, WiFi atau USB tethering dari perangkat Android Anda ke PC Windows dengan cara yang biasa dengan mengarahkan Android ke Settings -> More -> Tethering & mobile hotspot. Anda harus memiliki koneksi yang terhubung dengan baik, jadi periksalah koneksi internet saat Tethering disiapkan. Setelah diatur, mainkan musik di PC Anda.

2. Jika komputer pc Anda terhubung dengan internet dengan baik, Anda silahkan membuka command prompt/cmd dan lihat alamat IPv4 koneksi Anda dengan mengetikkan perintah “ipconfig”, karena fitur “auto locate” tidak bekerja dalam metode ini.

Catatan : Jika alamat IP dimulai dengan 169.254, penarikannya tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Putuskan sambungan tethering dan sambungkan lagi.

3. Masukkan alamat server di aplikasi Android dan tekan tombol logo soundwire di tengah layar. Begitu tombol mulai menyala, musik seharusnya akan mulai diputar. Perlu diingat meskipun kualitas output musik sangat bergantung pada koneksi jaringan, maka Anda bisa saja mengalami beberapa lag atau delay suara yang dihasilkan.

SoundWire pada dasarnya adalah sebuah aplikasi mirroring audio dan membawa sejumlah fitur tambahan yang keren seperti kompresi audio untuk kualitas yang lebih baik, latency rendah, capture audio dan banyak lagi. Selain itu, aplikasi ini dapat digunakan oleh aplikasi remote control yang tersedia di Android.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis, yang menampilkan iklan dan menjeda audio setiap 45 menit. Versi gratis juga membatasi kompresi hingga hanya 10 menit.

Namun, ada versi lengkap, tapi Anda harus membayar sebesar $ 3,99 untuk membeli full versionnya. Biaya itu mencakup kompresi audio tak terbatas, dukungan untuk beberapa klien, tampilan buffer latency dan menghapus iklan.