Categories: Headlines

Perangkat Memori Komputer yang Terinspirasi Sel Otak Manusia

Bhataramedia.com – Para peneliti di RMIT University telah membuat penyimpan data berukuran nano yang ultra cepat, dengan menggunakan teknologi yang meniru otak manusia.

Para peneliti telah berhasil membuat struktur nano baru yang menawarkan platform baru untuk pengembangan perangkat memori nano yang sangat stabil dan dapat diandalkan.

Pekerjaan yang inspiratif ini akan diterbitkan di jurnal Advanced Functional Materials tanggal 11 November mendatang.

Pemimpin proyek Dr. Sharath Sriram, rekan pemimpin Material Fungsional RMIT and Microsystems Research Group, mengatakan bahwa struktur berukuran nano tersebut terbuat dari film yang tipis, bahan oksida fungsional yang 10.000 kali lebih tipis dari rambut manusia.

“Film tipis tersebut secara khusus dirancang untuk memiliki cacat di dalam susunan kimianya untuk menunjukkan efek “memristive”, dimana perilaku elemen memori ini tergantung pada pengalaman di masa lalu,” kata Dr. Sriram.

Related Post

“Mengingat perkembangan teknologi saat ini, kita membutuhkan material dan desain baru untuk menciptakan perangkat memori generasi berikutnya yang bersifat non-volatile. Struktur yang kami kembangkan dapat digunakan untuk berbagai aplikasi elektronik, dari perangkat memori ultra cepat yang berukuran nano, hingga arsitektur logika komputer yang meniru fleksibilitas dan waktu respon dari jaringan saraf biologis,” jelas Dr. Shiram, seperti dilansir RMIT University (29/9/2014).

“Sementara masih diperlukan investigasi yang lebih mendalam, pekerjaan kami dapat memajukan dan mendorong pencarian teknologi memori generasi berikutnya yang meniru fungsi kompleks sistem saraf manusia. Dengan kata lain, membawa kita satu langkah lebih dekat ke otak bionik.”

Penelitian ini bergantung pada “memristors”, yang disebut-sebut sebagai pengganti transformasional untuk teknologi hard drive saat ini seperti Flash, SSD dan DRAM. Memristors memiliki potensi untuk dibentuk menjadi memori “non-volatile solid-state” dan menawarkan blok bangunan untuk komputasi yang dapat dilatih untuk meniru antarmuka sinaptik di dalam otak manusia.

Penelitian yang didukung oleh hibah dari  Australian Research Council Discovery grant ini, adalah kolaborasi antara anggota Functional Materials and Microsystems Research Group dan Profesor Dmitri Strukov dari University of California, Santa Barbara.

Fuad Gandhi Rizal

Recent Posts

Beberapa Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan sebelum Pasang Panel Surya

Bhataramedia.com - Bagi anda yang hendak memasang panelsurya, anda bisa membeli panel surya, rack, inverter,…

1 tahun ago

Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada Grup Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda penjelasan tentang Beberapa Penyebab Tidak Bisa Bergabung Pada…

1 tahun ago

Mau Pasang Panel Surya? Ketahui Lebih Dahulu Mengenai PLTS

Bhataramedia.com - Sebelum memasang panel tenaga surya, alangkah baiknya untuk memperluas wawasan mengenai panel itu…

1 tahun ago

Cara Melihat Semua Unduhan Pada Telegram

Bhataramedia.com - Artikel ini akan memberikan anda panduan tentang bagaimana Cara Melihat Semua Unduhan Pada…

1 tahun ago

Promo Optimal untuk Oli Mobil Terbaik di Otoklix Plus Simprug

Bhataramedia.com - Bagi kendaraan bermotor oli mesin memiliki peran penting untuk menjaga stabilitas kondisi mesin.…

1 tahun ago

Cara Mengaktifkan Fitur Ghost Mode Instagram

Bhataramedia.com - Para pengguna instagram pastinya sudah tahu bahwa status pada Direct Message dan info…

1 tahun ago